PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PREDIKAT KEBERHASILAN MAHASISWA DI AMIK TUNAS BANGSA

Yuni Sara Luvia(1*), Agus Perdana Windarto(2), Solikhun Solikhun(3), Dedy Hartama(4),

(1) STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
(2) STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
(3) AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
(4) AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
(*) Corresponding Author

Abstract


Predikat keberhasilan Mahasiswa di perguruan tinggi merupakan hal utama yang menjadi acuan bagi seorang mahasiswa selama menjalani study. Data mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun adalah bukti untuk mengembangkan Data Mining. Banyaknya jumlah Mahasiswa akan diproses Untuk mengetahui berdasarkan kriteria apa saja Mahasiswa layak mendapatkan predikat keberhasilannya dengan beberapa atribut seperti, jenis kelamin, kehadiran, sesi perkuliahan, rerata NEM dan Asal sekolah. Dalam hal ini, peneliti melakukan analisis di Amik Tunas Bangsa Jl. Sudirman no. 1,2,3 Pematangsiantar. Analisis yang digunakan adalah menggunakan Data Mining dengan metode C4.5 dan diproses menggunakan software Rapidminer untuk membuat pohon keputusan. Metode ini diharapkan dapat mempermudah pihak instansi mengklasifikasi dan memprediksi predikat keberhasilan Mahasiswa sehingga data-data yang menumpuk bisa bermanfaat untuk keperluan data mining dalam mengambil keputusan yang baik. Analisis ini diharapkan sebagai salah satu motivasi terhadap mahasiswa untuk meningkatkan IPK.

Full Text:

PDF

References


Veronica Sri Moertini, 2007, “Pengembangan Skalabilitas Algoritma Klasifikasi C4.5 Dengan Pendekatan Konsep Operator Relasi, studi kasus: pra-pengolahan dan klasifikasi citra batik”, Bandung.

Han, J., Kamber, M., 2001, “Data Mining Concepts and Techniques”, Morgan Kaufman Pub., USA.

Kusrini dan Luthfi. E. Taufiq.(2009).Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Kamagi, David Hartanto dan Seng Hansun. 2014. Implementasi Data mining dengan Algoritma C 4.5 untuk memprediksi tingkat kelulusan Mahasiswa. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014. ISSN: 2085-4552.

Hartama, Dedy. 2011. Model aturan keterhubungan data mahasiswa menggunakan Algoritma C4.5 untuk meningkatkan indeks prestasi di Amik Tunas Bangsa. Tesis Program Studi Magister (S2) Teknik Informastika Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v1i1.12

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v1i1.12.g10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By:

Jumlah Kunjungan : View My Stats