Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Tapian Dolok Menggunakan Metode C4.5

Yoga Pratama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan vaksinasi covid-19. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik Data Mining dengan menggunakan Algoritma C4.5. Sumber data penelitian yang digunakan diperoleh dari wawancara dan pemberian angket kepada pasien secara acak di lingkungan Puskesmas Kecamatan Tapian Dolok. Adapun atribut penelitian yang digunakan adalah fasilitas (C1), empati (C2), kehandalan (C3), daya tanggap (C4) pelayanan (C5). Pada penelitian ini alternative yang digunakan sebagai sampel adalah pasien penerima vaksinasi Puskesmas Kecamaan Tapian Dolok. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan kepada pihak puskesmas berupa evaluasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan.


References


Dinda Nabila Batubara, A. P. W. (2019). ANALISA KLASIFIKASI DATA MINING PADA TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG. 3, 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664

Faisal, S. (2019). KLASIFIKASI DATA MINNING MENGGUNAKAN ALGORITMA. 4(1), 38–45.

Marbun, M., & Sinaga, B. (2018). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan (Issue May).

MARKONI, M. (2015). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PT PLN (Persero) TERHADAP PROSES PEMASANGAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Kasus PT PLN WS2JB Rayon Sukarami). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(4), 487–489. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i4.3149

Sadewo, M. G. (2018). Penerapan C4 . 5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) Pada. Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life, 21–30.

Sains, S., Ariani, F., & Taufik, A. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Prabayar. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.666

Tarigan, H. D., Destiawati, F., & Fitriansyah, A. (2017). Implementasi Algoritma C4.5 Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), Vol. 6, No, 80–86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0