Abstract
Sosial media merupakan media interaksi sosial yang menggunakan teknologi berbasis web. salah satu sosial media ialah aplikasi Tiktok. Aplikasi tiktok awal merupakan aplikasi social media yang bernama Musical.ly di dirikan Alex Zhu dan Luyu pada tahun 2014 di China dan Amerika. Aplikasi ini dibuat untuk menghadirkan hiburan melalui video pendek. Kemasan video pendek berhasil menarik peminat masyarakat untuk terus menggunakan aplikasi Tiktok. Tiktok yang tadinya hanya sosial media kini menghadirkan fitur baru yaitu fitur Tiktiok Shop, fitur ini dapat membuat sesama akun tiktok dapat menjual dan membeli barang suatu brand local maupun internasional. Hadirnya fitur jual beli di aplikasi Tiktok membuat pengguna dapat merasakan pelayanan jual beli dari aplikasi tersebut. Untuk membuat pelayanan semangkin membaik perlu adanya evaluasi yang di lakukan untuk menilai kinerja dalam hal pelayanan di Tiktok Shop. Survei merupakan salah satu solusi guna mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di aplikasi Tiktok Shop. untuk mencari tinggkat kepuasan suatu produk dapat dicari menggunakan sebuah metode data mining yaitu metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 sudah terbukti dapat menyelesaikan permasalahan dalam pengambilan keputusan suatu masalah. Hasil dari penelitian ini menghasilkan presentase tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang dapat menjadi masukan bagi aplikasi Tiktok Shop.
References
Azwanti, N., & Elisa, E. (2020). Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Algoritma C4.5. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 3, 126–131.
Bastian, Y., Tambunan, H. S., & Saputra, W. (2021). Analisis Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Indihome Pada Kota Pematangsiantar. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 2(1), 62–69.
Fauziah, S. A., Lutfiati, D., Dwiyanti, S., & Maspiyah. (2021). TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI KLINIK MS GLOW SAMARINDA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 Syaviera. E-Jurnal, 10(3), 171–181.
Intan Oktarina. (2018). Rapid Miner.
Lasarudin, A., & Hasyim, W. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Siaran Rri Gorontalo Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Imu Komputer, 1(2), 1–5. https://journal.umgo.ac.id/index.php/juik/article/view/1173
Sudrajat, B. (2022). Penggunaan Algoritma C4 . 5 Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Pada Warnet Game Victory. 6(1), 27–33.