Penerapan Algoritma Klasifikasi C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas Kampus

N Nurhayati

Abstract


Tingkat kepuasan mahasiswa merupakan suatu keberhasilan bagi perguruan tinggi. Karena mahasiswa adalah pelanggan utama perguruan tinggi, sudah seharusnya fasilitas dan pelayanan pendidikan tinggi harus berorientasi kepada mahasiswa. Dalam persaingan lembaga pendidikan terutama pendidikan tinggi swasta diperlukan peningkatan pelayanan akademik salah satunya fasilitas yang memadai, sehingga menimbulkan tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat yang baik terhadap perguruan tinggi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas kampus serta mengetahui dimensi kelayakan fasilitas yang diberikan pihak kampus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma klasifikasi C4.5, dimana sumber data diperoleh dari angket/kuisioner yang diberikan kepada Mahasiswa secara acak di lingkungan STIKOM Tunas Bangsa. Proses uji penelitian menggunakan software RapidMiner untuk membuat suatu pohon keputusan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dan dijadikan evaluasi bagi pihak STIKOM Tunas Bangsa agar memiliki gambaran faktor apa saja yang nantinya perlu dibenahi sehingga mahasiswa merasa puas terhadap fasilitas yang ada di STIKOM Tunas Bangsa.

 


References


Agung, A., Maulana, H. M., Andini, D. C., & Nadziroh, F. (2018). Sistem peminjaman ruangan online (spro) dengan metode uml. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis (JTTB), 1(1), 1–8.

Asa, R. S., Defit, S., & Na’am, J. (2019). Identifikasi Penyaluran Zakat Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Agam). Jurnal Sains Dan Informatika, 5(1), 50.

Erick Santana Perangin-Angin,Fendi Hidayat, ST., M. K. (2018). Sistem Informasi Kuliner Kota Batam Berbasis Smartphone Android Dengan Ionic Framework. Sistem Informasi Kuliner Kota Batam Berbasis Smartphone Android Dengan Ionic Framework, 8(3), 77–89.

Fadillah, W. R., Hartama, D., Damanik, I. S., Safii, M., & Suhendro, D. (2020). Implementasi Data Mining C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Asisten Laboratorium Komputer. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2(3), 403–414.

Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, IV(2), 107–116.

Laila, R., Hendra, S., Azhar, R., Anwar, A., & Rasmita, H. (2020). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DALAM MENGENALI POLA PERKEMBANGAN PEKERJAAN PROYEK. ScientiCO : Computer Science and Informatics Journal, 3(2), 83–93.

Mardi, Y. (2017). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5. Edik Informatika, 2(2), 213–219.

Mulyana, Fani, N. (2019). PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN KETAHANAN TANAMAN PANGAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI SUMATERA UTARA.

P, D. R. S., Windarto, A. P., Hartama, D., & Damanik, I. S. (2019). Penerapan Klasifikasi C4.5 Dalam Meningkatkan Sistem Pembelajaran Mahasiswa. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 593–597.

Pakpahan, P. A., & Sutjahjo, G. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEHADIRAN KARYAWAN DENGAN METODE SCAN BARCODE. Zona Komputer ISSN 2087- 7269, 8(1), 47–55.

Parlambang, B., & Fauziah. (2020). Implementasi Algoritma K-Means Dalam Proses Penilaian Kuesioner Kepada Dosen Guna Mendukung Kepuasan Mahasiswa Terhadap Dosen. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(2), 161–173.

Rismayanti, Damayanti, F., & Khairunnisa. (2018). Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 dalam Menentukan Rekam Jejak Kinerja Dosen STT Harapan Medan. SinkrOn, 3(1), 99–104.

Salsabila, N. (2018). Klasifikasi Barang Menggunakan Metode Clustering K-Means Dalam Penentuan Prediksi Stok Barang. Central Library Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang, 89.

Saragih, D. A. R., Safii, M., & Suhendro, D. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Informasi di Program Studi Sistem Informasi. Journal of Information System Research (JOSH), 2(2), 173–177.

Sutartiah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 56–65.

Tabrani, M., & Rezqy Aghniya, I. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 44–53.

Ulfah, H. (2021). Strategi Pencegahan Berdasarkan Clustering Perilaku Masyarakat PangkalPinang terhadap Covid-19. HJurnal Ekonomi, 18(1), 41–49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0