Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Menggunakan Algoritma Apriori

Maslina Manurung

Abstract


Kopi kenangan adalah sebuah cafe yang menjual minuman Jasmine earl grey tea, mocha latte, kopi kenangan mantan, kenangan milk tea, cappuccino, Americanon, vanilla, Hojicha latte. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada pada kopi kenangan  dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan  di kopi kenangan menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum confidence Jasmine earl grey tea, mocha latte, kopi kenangan mantan, kenangan milk tea, cappuccino, Americanon, vanilla, Hojicha latte. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item diatas.

 


References


Buulolo, E. (. (2020). Data Mining Untuk perguruan Tinggi.

Debsyanti & Febrina, W. (2020). Pemodelan Unified Modelling Language ( UML)dalam Pembuatan Aplikasi Data Penduduk. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.668.

Ridlo, I. (2017). Pedoman Pembuatan Flowchart. Academia.Edu, 14. https://www.academia.edu/34767055/Pedoman_Pembuatan_Flowchart.

Mu' tashim, M. A. (2020). Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Pada Balai Besar POM kota Potianak Berbasis mobile.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0