Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dengan Metode C4.5

Putri Dita Zakirah

Abstract


Pandemi covid-19 membuat cara belajar di pendidikan berubah. Pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemic covid-19 mendapatkan tantangan tersendiri karena dengan keterbatasan tersebut untuk lebih saling menjaga protocol kesehatan baik itu dosen ataupun mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dengan pembelajaran tatap muka terbatas sebagai acuan untuk pihak Perguruan Tinggi dapat memperbaiki layanan apabila ada yang kurang baik. Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar dengan metode penelitian algoritma C4.5, dengan menggunakan sumber data teknik angket/kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa di lingkungan Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar. Metode C4.5 dipilih karena mampu mengklasifikan puas atau tidak puas mahasiswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas. Dengan ketentuan variable diantara nya 1) Tangibles, 2) Reliability, 3) Responsive, 4) Assurance, dan 5) Emphty. Penelitian ini diharapkan untuk bisa meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi Stikom Tunas Bangsa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas agar pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa dapat lebih maksimal lagi.

 

 


References


Arfandi, A., A. P. Windarto, and I. S. Saragih. 2021. “Penerapan Data Mining Klasifikasi Pada Calon Pelanggan Baru Indihome Dengan C. 45.” Journal of Informatics, Electrical … 1(1):31–38.

Fadillah, Wanda Rizki, Dedy Hartama, Irfan Sudahri Damanik, M. Safii, and Dedi Suhendro. 2020. “Implementasi Data Mining C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Asisten Laboratorium Komputer.” Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) 2(3):403–14.

Fitriansyah, Fifit. 2022. “Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(1):123–30. doi: 10.37478/jpm.v3i1.1438.

Kamagi, David Hartanto, and Seng Hansun. 2014. “Implementasi Data Mining Dengan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa.” Jurnal ULTIMATICS 6(1):15–20. doi: 10.31937/ti.v6i1.327.

P, Gumilar Ramadhan, Agus Perdana Windarto, Eka Irawan, Widodo Saputra, and Heri Okrapana. 2020. “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien BPJS.” Prosiding Seminar Riset Dan Information Sains (SENARIS) 2:376–85.

Parhusip, Frskila, Agus Perdana Windarto, Irfan Sudahri Damanik, Eka Irawan, and Ilham Syahputra Saragih. 2021. “Klasifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 4(2):134–41. doi: 10.31598/jurnalresistor.v4i2.700.

Septiani, Wisti Dwi. 2017. “Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining Algoritma C4.5 Dan Naive Bayes Untuk Prediksi Penyakit Hepatitis.” None 13(1):76–84. doi: 10.33480/pilar.v13i1.149.

Sihombing, R. E. A., J. T. Hardinata, and ... 2021. “Penerapan Algoritma C4. 5 Data Mining Dalam Mengukur Tingkat Kepuasaan Masyarakat Kecamatan Siantar Terhadap Perbaikan Jalan 2019.” … Informasi (Komputer Dan … 2(2):91–98.

Tanuwijaya, Novita Sari, and Witarsa Tambunan. 2021. “Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10(2):80–90. doi: 10.33541/jmp.v10i2.3272.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0