Implementasi Data Mining Terhadap Penjualan Produk Kosmetik Menggunakan Algoritma Apriori

Eva Azalea Ayuningtias

Abstract


Seiring perkembangan zaman, data mining saat ini telah diimplementasikan ke berbagai bidamg,diantaranya seperti bidang bisnis atau perdagangan, bidang pendidikan dan telekomunikasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semakin banyaknya pesaing dalam dunia bisnis. Seperti hal nya Toko Devi Kosmetik yang menjual berbagai macam merk kosmetik, yang masih menggunakan cara manual dalam pendataan baranf dan juga tidak mengutamakan display (tata letak produk) juga menjadi sebuah kesulitan dalam meningkatkan penjualan produk. Sehingga sulit untuk mengetahui item produk yang sering terjual dan  yang sudah tidak tersedia. Maka dari itu diperlukan penerapan algoritma apriori dalam mengetahui pola kombinasi item sets yang dapat mempermudah pasadr dalam mengolah data penjualan kosmetik. Mengetahui jenis produk yang paling banyak terjual, yang masih ersedia dan yang sudah tidak tersedia dalam system penjualan kosmetik bagi penjual dan pembeli. Maka dari iru diperlukan metode data mining untuk penerapan algoritma apriori dengan bantuan software RapidMiner 5.3 dan Microsoft Excel dalam mengolah data penjualan. Data transaksi penjualan Toko Devi Kosmetik yang berlangsung selama 5 bulan terakhir yang akkan digunakan untuk menganalisa data pada penelitian ini, yakni pada bulan Oktober 2021 sampai Febriaru 2022.


References


Budiyasari, V. N., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2(2), 31–39.

Ulkhairi, M., & Hutabri, E. (2020). Implementasi Data Mining Penjualan Kosmetik Dengan Algoritma Apriori. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 3(3), 102–111. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/2185/

Wardani, F. A. K., & Kristiana, T. (2020). Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 85–90. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.6520


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0