Pemanfaatan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Sekolah Berdasarkan Peserta Didik Penerima Program Indonesia Pinta
Abstract
Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program jaminan sosial bidang pendidikan yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah partisipasi masyarakat dalam pendidikan khusunya bagi kalangan masyarakat tidak mampu. Dalam rangka mengatasi pendidikan yang tidak merata, salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat adalah dengan mengeluarkan kebijakan yaitu Program Indonesia Pintar, dimana masyarakat yang mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP). Salah satu cara untuk mengetahui proses tersebut adalah dengan cara mengelompokkan (clustering) data siswa penenerima Program Indonesia Pintar (PIP) berdasarkan sekolah masing-masing. Untuk mengelompokkan siswa penenerima Program Indonesia Pintar (PIP), metode yang digunakan adalah K-Means Clustering. Algoritma K-Means dipilih karena memiliki ketelitian yang cukup tinggi terhadap ukuran objek, sehingga algoritma ini relatif lebih terukur dan efisien untuk pengolahan objek dalam jumlah besar. Sehingga nantinya akan diperoleh kesimpulan sekolah mana paling banyak menerima Program Indonesia Pintar (PIP) di kota Pematangsiantar.
Full Text:
Diterima: Revisi MayorRefbacks
- There are currently no refbacks.