Naive Bayes Dalam Analisis Tingkat Ketidakpuasaan Nasabah Asuransi Jasa Raharja Kendaraan Bermotor

Irwan Affandi Nasution

Abstract


 Skripsi ini mengusulkan sebuah analisa tingkat pelayanan terhadap ketidakpuasan nasabah asuransi kendaraan bermotor. Faktor –faktor mana yang lebih dominan yang mempengaruhi ketidakpuasan nasabah asuransi pada kendaraan bermotor dikota Pematangsiantar. Data diperoleh dari PT. Jasa Raharja cabang Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam  menyelesaikan masalah ini merupakan metode Naive Bayes. Naive Bayes merupakan sebuah metode penggolongan sederhana yang digunakan dengan asumsi bahwa antara satu kelompok dengan kelompok lain tidak saling bergantungan. Sebagai masukan atau evaluasi kepada perusahaan PT. Jasa Raharja cabang Pematangsiantar supaya lebih baik lagi ke depan baik itu dibidang pelayanan maupun dibidang tingkat kepuasan pelanggan agar tidak ada kekecewaan dari para nasabah.

References


Ananda, W., Safii, M., & Fauzan, M. (2021). Prediksi Jumlah Hasil Panen Sawit Menggunakan Algoritma Naive Bayes. TIN: Terapan Informatika Nusantara Vol, 1(10), 513–519.

Apandi, T. H., & Sugianto, C. A. (2019). Algoritma Naive Bayes untuk Prediksi Kepuasan Pelayanan Perekaman e-KTP ( Naive Bayes Algorithm for Satisfaction Prediction of e-ID. JUITA (Jurnal Informatika) UMP, 7(November), 125–128.

Guntur, M., Santony, J., & Yuhandri, Y. (2018). Prediksi Harga Emas dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes dalam Investasi untuk Meminimalisasi Resiko. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(1), 354–360. https://doi.org/10.29207/resti.v2i1.276

Gustientiedina, G., Adiya, M. H., & Desnelita, Y. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.25077/teknosi.v5i1.2019.17-24

Marpaung, S., Solikhun, & Irawan. (2021). PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES DALAM MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI. JUSIKOM PRIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima), 4(2).

Sadewo, M. G., Windarto, A. P., & Damanik, I. S. (2019). Algoritma Naïve Bayes Dalam Memprediksi Kepuasan Nasabah. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 318.

https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.37

Siltonga, D. S., Saifullah, S., & Dewi, R. (2019). Analisis Metode Naive Bayes dalam Memprediksi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Berdasarkan Posisi Duduk. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 427. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.48

Sari, D. R., Hartama, D., Damanik, I. S., & Wanto, A. (2019). Penerapan Metode Naive Bayes dalam Memprediksi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Cara Pengajaran Dosen. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 287. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.34

Siddik, M., Desnelita, Y., & Gustientiedina. (2019). Penerapan Naïve Bayes untuk Memprediksi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademis. Jurnal Infomedia, 2(4), 89–93. http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/infomedia/article/view/1892

Tirta, Negara. (2019). Buku Perasuransian , Jakarta. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/LiterasiPerguruanTinggi/assets/pdf/Buku%204%20-%20Perasuransian.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0