Analisis Kepuasan Operator Terhadap Sistem Informasi Dapodik Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Menggunakan Metode Algoritma C4.5

Devi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan operator terhadap sistem informasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) menggunakan metode algoritma C4.5. Objek dari Penelitian ini adalah sistem informasi dapodik di Kabupaten Simalungun. terdapat beberapa kendala yang dialami operator salah satunya pada saat melakukan sinkronisasi data, karena server terkadang eror saat jam kerja. Akibatnya beberapa operator memilih untuk bekerja pada dini hari untuk melakukan sinkronisasi data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan instrument berupa kuisioner, dimana datanya berupa angka-angka. Populasi penelitian ini adalah semua Operator Tingkat PAUD selaku pengguna sistem. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menggunakan empat variabel yang berpengaruh signifikan 1) Kinerja 2) Informasi 3) Ekonomi 4)Pengendalian 5) Efisiensi. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan melibatkan sebanyak 100 Operator sekolah tingkat PAUD di kabupaten simalungun yang dikategorikan dengan : Puas dan Tidak Puas. Setelah dilakukan perhitungan secara manual, maka dilakukan pembuktian menggunakan aplikasi, yaitu RapidMiner

References


Aidi Saputra, K., Tata Hardinata, J., Ridwan Lubis, M., Retno Andani, S., & Syahputra Saragih, I. (2020). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Klasifikasi Algoritma C4.5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online. Media Online), 1(3), 113–118. https://djournals.com/klik

Desi, Bakri, M., Informasi, S., Teknik, F., & Indonesia, U. T. (2021). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI TRANSAKSI. 2(1), 23–28.

Elis Lisnawati, T. (2019). Penerapan Algoritma C4.5 untuk memprediksi kepuasan pelayanan E-KTP di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten cirebon. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Lesmana, C., Arifin, A., & Santoso, D. (2016). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Di Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 184–194.

Luthfi Yaumul Adha, F., Luthfi Hamzah, M., Maita, I., Marsal, A., Sistem Informasi, J., Sains dan Teknologi, F., Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, U. H., & Baru, S. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 18(2), 196–205.

Lydia yohana, D., Algoritma, C., Tunas, S., Pematangsiantar, B., & Utara, S. (2021). Prediksi Kelulusan Mahasiswa Stikom Tunas Bangsa Prodi. 2(2), 97–106.

Mus, S., & Mappincara, A. (2021). Kepuasan Kerja Operator Sekolah Dasar di Kabupaten Bone. Seminar Nasional LP2M UNM, 867–876.

Prasetyo, V. R., Lazuardi, H., Mulyono, A. A., & Lauw, C. (2021). Penerapan Aplikasi RapidMiner untuk prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap US Dollar dengan metode regresi linear.

Putri, S. M., & Arnomo, S. A. (2020). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Prediksi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus : Hinet Batam ). 1(2), 70–76.

Sri Rahayu, I. S. D. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun. 6, 89–102.

Sudarsono, B. G., & Leo, M. I. (2021). ANALISIS DATA MINING DATA NETFLIX MENGGUNAKAN APLIKASI RAPID MINER ANALYSIS DATA MINING NETFLIX DATA USING THE RAPID MINER. 4(1), 13–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0