Implementasi Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Klasifikasi C4.5

Femmy Indriani

Abstract


Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menilai tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh Toko Ka.e.Fort. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Toko Ka.e.Fort Kota Pematangsiantar yang ditinjau dari aspek responsiveness (ketanggapan), quality (kualitas), emphaty (empati). Pada Toko Ka.e.Fort Pematangsiantar ketiga aspek tersebut belum ditentukan dengan pasti,sehingga Toko tersebut masih merasa kesulitan untuk menentukan aspek mana yang harus diperbaiki.Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan/konsumen Toko Ka.e.Fort Pematangsiantar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma C4.5, dengan sumber data yang digunakan yaitu menggunakan teknik kuisioner yang diberikan kepada konsumen. Setelah dilakukan perhitungan secara manual,maka akan dilakukan suatu pembuktian dengan menggunakan software RapidMiner untuk mempuat Pohon Keputusan dan didapatkan sebuah model aturan (rule). Maka dengan adanya penelitian ini,dapat membantu menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Toko Ka.e.Fort Pematangsiantar agar lebih baik lagi.



References


Batubara, D. N., & Windarto, A. P. (2019). Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664

Chairani, Y., & Hardinata, J. T. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Baju Polos dan Sablon Digital di Toko Cititex Cabang Kota Pematangsiantar. 2(10), 615–621. https://doi.org/10.47065/tin.v2i10.1373

Fajrin, A. A., Maulana, A., Informatika, T., Batam, U. P., & Soeprapto, J. R. (2018). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FP- GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN. 05(01), 27–36.

Febriyanto, D. B., Handoko, L., & Aisyah, H. (2018). Implementasi Algoritma C4 . 5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pembeli Online Shop. 5(6), 569–575.

Go-jek, K. T. P., Sinaga, S. M., Hardinata, J. T., & Fauzan, M. (n.d.). Implementasi Data Mining Clustering Tingkat Kepuasan. 2(2), 118–124.

Ibrahim, M. (2019). TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 4(1), 175–182.

Junaedi, I., Nuswantari, N., & Yasin, V. (2019). Perancangan Dan Implementasi Algoritma C4 . 5 Untuk Data Mining. Journal of Information System, Informatics and Computing, 3(1), 29–44. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/203%0Ahttp://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/download/203/158

Klasifikasi, P., Dalam, C., & Sistem, M. (2020). Penerapan klasifikasi c4.5 dalam meningkatkan sistem pembelajaran mahasiswa. 3, 593–597. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1665

Marbun, M., & Sinaga, B. (2018). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan. In Rudang Mayang Publisher (Vol. 0, Issue April). https://iocscience.org/ejournal/index.php/rm/article/viw/121

Muhammad, Z., Rahmadhani, R., Rizqifaluthi, H., & Yaqin, M. A. (2018). Process Mining Akademik Sekolah Menggunakan RapidMiner. 10(2), 47–51.

Rahayu, S., Damanik, I. S., & Fauzan, M. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun Menggunakan Metode Algoritma C4.5. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 89. https://doi.org/10.30645/jurasik.v6i1.273

Ridho Hayati Alawiah, Saifullah, I. S. D. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bengkel Menggunakan Metode Algoritma C4.5. Jurnal Penerapan Sistem Informasi, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.29406/jpr.v4i1.789

Sadewo, M. G., Windarto, A. P., & Damanik, I. S. (2019). Algoritma Naïve Bayes Dalam Memprediksi Kepuasan Nasabah. September, 318–327.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. 9(2), 114–126.

Setio, P. B. N., Saputro, D. R. S., & Bowo Winarno. (2020). Klasifikasi Dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 64–71.

Supriadi, A., P, P., & Qurniawan, H. (2021). Metode Data Mining Klasifikasi Pada Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah Bank Syariah Mandiri dengan Model C4.5. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 150. https://doi.org/10.30645/jurasik.v6i1.279

Takalapeta, S. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma C4.5. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 34–38. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.186


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0