Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Fisika Pada Siswa SMA

Riska Ernanda Sari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor utama penyebab dalam kesulitan belajar fisika pada siswa SMA. Dengan mengetahui faktor utama dalam penyebab kesulitan belajar fisika tersebut, maka guru ataupun pihak sekolah untuk kedepannya dapat mengambil kebijakan atau menciptakan model belajar baru terhadap siswa agar dapat membangkitkan semangat belajar khususnya fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma C4.5. Sumber data yang digunakan menggunakan teknik angket/kuesioner yang diberikan kepada siswa/i SMAN 1 Dolok Batu Nanggar Serbelawan jurusan ilmu pengetahuan alam kelas X, XI, dan XII secara acak. Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah kesulitan dalam memahami konsep dan rumus (C1), kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal (C2), fasilitas pratikum kurang memadai (C3), banyaknya proses perhitungan (C4), Menghitung lambang dan mengkonversikan satuan (C6), dan Cara guru mengajar (C7). Untuk pengujian keakuratan hasil akhir menggunakan software rapidminer.

References


Andari, W. J., & Buulolo, E. (2020). Implementasi Algoritma C4 . 5 Mengetahui Penyebab Perceraian Dalam Pernikahan ( Studi Kasus : Pengadilan Agama Medan Kelas I-A ). 7(3), 365–375. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i3.2133

Engineering, E., Windarto, A. P., & Saragih, I. S. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Pada Calon Pelanggan Baru Indihome dengan C.45. 1(1), 31–38.

Kinerja, A., Utara, U. I. N. S., Language, U. M., Corporation, O., Sumatera, U. I. N., Medan, U., & Kunci, K. (2018). No Title. 6341(November), 1–9.

Metode, M., & Algoritma, C. (n.d.). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun. 6, 89–102.

Nababan, D. (2019). Analisa Algoritma C4 . 5 Dalam Menentukan Faktor Yang Mempengaruhi Munculnya Professional Blogger.

Nim, A. (2017). PADA PESERTA DIDIK KELAS IPA SMA NEGRI 1 BONTONOMPO ABBAS.

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Pembelajaran Fisika. 1–8.

Okprana, H., & Sormin, R. K. (2022). Analisis Algoritma C4 . 5 Terhadap Faktor Penyebab. 3(1), 43–52.

Setio, P. B. N., Saputro, D. R. S., & Bowo Winarno. (2020). Klasifikasi Dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 64–71.

Siahaan, S. W., Sianipar, K. D. R., Zer, P. P. P. A. N. W. F. I. R. H., & Hartama, D. (2020). Penerapan Algoritma C4 . 5 dalam Menentukan Faktor yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Mahasiswa. 59–67. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i1.396

Swastina, L. (2018). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa. Gema Aktualita, 2(1), 93–98.

Utami, A. P. (2019). Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa dalam Menerima Pelajaran. ScienceEdu, II(2), 92–96.

Work, A., Yogyakarta, U. M., & The, B. (2018). Penerapan Algoritma C4 . 5 untuk Klasifikasi Jenis Pekerjaan Alumni di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 21(2), 158–165. https://doi.org/10.18196/st.212222

Zer, P. P. P. A. N. . F. I. R. ., Hartama, D., & Andani, S. R. (2019). Analisa Faktor Dominan Mahasiswa Kesulitan Memahami Bahasa Pemrograman Menggunakan Metode C4.5. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 492. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.55


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0