Analisa Faktor Penyebab Kesulitan Mahasiswa Dalam Belajar Bahasa Inggris Dengan Algoritma C4.5
Abstract
Tujuan ini penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan terbesar yang menyebabkan kesulitan mahasiswa dalam belajar bahasa inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Data Mining dengan menggunakan algoritma C4.5. Sumber data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa secara acak di STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar. Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah Cara dosen mengajar (C1), Sarana dan Prasarana yang digunakan saat belajar (C2), Minat mahasiswa (C3), Kemampuan mahasiswa dalam memahami materi (C4), Motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa inggris (C5), Lingkungan teman sekelas saat pembelajaran (C6), Metode pembelajaran yang digunakan (C7). Pada penelitian ini alternatif yang digunakan sebagai sampel adalah Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar Program Studi Sistem Informasi. Hasil dari klasifikasi menggunakan algoritma C4.5 dan pengujian dengan Software RapidMiner.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Arisandi, A., Damanik, I. S., & Saragih, I. S. (2020). Analisa Faktor Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Dengan Algoritma C4.5. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.30645/brahmana.v2i1.44
Benjamin, W. (2019). No Title.1–9.
Irnanda, K. F., Hartama, D., & Windarto, A. P. (2021). Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 327. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2763
Muhamad, M., Windarto, A. P., & Suhada, S. (2019). Penerapan Algoritma C4.5 Pada Klasifikasi Potensi Siswa Drop Out. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1688
Novika, T., Poningsih, P., Okprana, H., Windarto, A. P., & Siahaan, H. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 9. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2498
Robby, R. (2019). Analisa Algoritma C4.5 Dalam Menentukan Faktor Yang Mempengaruhi Munculnya Professional Blogger. Jurnal Ilmiah Informatika, 7(01), 11.
Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 53(9), 1689–1699.
Siahaan, S. W., Kristin, ;, Sianipar, D. R., Fikrul, ; P P P A N W, Zer, I. R. H., & Dedy Hartama, ; (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa. PETIR: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 13(2), 229–239. https://doi.org/10.33322/petir.v13i2.1029
Siahaan, S. W., Sianipar, K. D. R., R.H Zer, P. P. P. A. N. . F. I., & Hartama, D. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 dalam Menentukan Faktor yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Mahasiswa. Jurnal Eksplora Informatika, 10(1), 59–67. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i1.396
Sulaeman, F. S., & Rilmansyah, M. A. (2021). Aplikasi Penerapan Algoritma C45 untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 5(1), 41–54.
Zer, P. P. P. A. N. . F. I. R. ., Hartama, D., & Andani, S. R. (2019). Analisa Faktor Dominan Mahasiswa Kesulitan Memahami Bahasa Pemrograman Menggunakan Metode C4.5. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 492. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.