Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Pabrik Tahu
Abstract
Tahu merupakan salah satu produk makanan yang sudah populer di masyarakat Indonesia. Sejak dulu, masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi tahu sebagai lauk pauk pendamping nasi atau sebagai makanan ringan. Tahu menjadi makanan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena rasanya enak dan harganya juga relatif murah. Tahu mengandung beberapa nilai gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori, mineral, fosfor, dan vitamin B-kompleks. Tahu juga kerap dijadikan salah satu menu diet rendah kalori karena kandungan karbohidratnya yang rendah.Dengan banyak nya permintaan masyarakat dalam mengkomsumsi tahu, pengambilan keputusan menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dalam setiap hal. Dimana dengan dilakukannya pengambilan keputusan dapat mengorganisir suatu informasi yang dibutuhkan menjadi sebuah keputusan yang tepat dan akurat. Tidak terkecuali didalam hal kepuasan. Dengan menerapkan aplikasi komputer diharapkan meningkatnya prediksi secara otomatis dalam mengetahui kepuasan konsumen. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma C4.5
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Junaedi, I., Nuswantari, N., & Yasin, V. (2019). Perancangan Dan Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Data Mining Analisis Tingkat Risiko Kematian Neonatum Pada Bayi. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 34.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 7-13.
Faisal, S. (2019). Klasifikasi Data Minning Menggunakan Algoritma C4.5 Terhadap Kepuasan Pelanggan Sewa Kamera Cikarang. Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, 38-45.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 171-180.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 175-182.
Junaedi, I., Nuswantari, N., & Yasin, V. (2019). Perancangan Dan Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Data Mining Analisis Tingkat Risiko Kematian Neonatum Pada Bayi. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 31.
Lubis, M., Siswanto, & Sartika, D. (2021). Implementasi Data Mining dalam Pengelompokkan Indeks Kepuasan Masyarakat pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bengkulu. Jurnal Komputer Informasi dan Teknologi, 263-273.
Marsono, Boy, A. F., & Saripurna, D. (2020). istem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 78-85.
Nabila, Z., Isnain, A. R., Permata, & Abidin, Z. (2021). Analisis Data Mining Untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 100-108.
Panggabean, D. S., Buulolo, E., & Silalahi, N. (2020). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Pemesanan Bibit Pohon Dengan Regresi Linier Berganda. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 56-62.
Plaza, A. J. (2019). Pemanfaatan Metode Technique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik. Jurnal Informasi Dan Komputer, 2.
Pratama, F. A., Narasati, R., & Amalia, D. R. (2019). Pengaruh Kata Cashback Terhadap Peningkatan Penjualan Menggunakan Data Mining. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1-5.
Sugara, B., & Adidarma, D. (2019). Perbandingan Akurasi Algoritma C4.5 Dan Naïve Bayes Untuk Deteksi Dini Gangguan Autisme Pada Anak. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 119-128.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 7-13.
Syahril, M., Erwansyah, K., & Yetri, M. (2020). Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 118-136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.