Analisis Data Mining Terhadap Pola Penjualan Barang Serba Ada Dengan Menggunakan Algoritma Apriori
Abstract
Persaingan Bisnis yang semakin ketat mengharuskan para pemilik bisnis untuk berpikir kritis untuk menjaga kepuasan guna meningkatkan penjualan produk, Toko Bintang Terang adalah toko serba ada yang menjual kebutuhan sehari-hari. Pencatatan dan penjualan barang masih dilakukan secara manual, serta belum ada analisa terhadap data penjualan. Hal ini menyebabkan ada barang yang menumpuk karena kurang laku dan ada barang yang kosong, Toko Bintang Terang merupakan salah satu toko barang serba ada terbesar dan terlengkap sekaligus distributor untuk warung-warung kecil di sekitarnya. Toko Bintang Terang berada di Jl.Pematang Purba, Kec. Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Toko Bintang Terang menyediakan berbagai macam Jenis Barang mulai dari Acesories Sepeda motor, Sparepart ,Sepatu, Tas, Sendal, Mobil RC, Roti, Helm, Ban, makanan-makanan ringan, dan Berbagai macam Produk lainnya. Dengan adanya kegiatan penjualan setiap hari, data semakin lama semakin bertambah banyak. Data tersebut seharusnya tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi sebuah toko, data tersebut juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan promosi suatu produk
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Adithama, S. P., Dewi, F. K. S., & Hariyadi, E. (2020). Penerapan Algoritma Apriori dan Fuzzy Tsukamoto untuk Rekomendasi Jumlah Pembelian Barang dan Promo pada Toko Serba Ada. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 261. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.7142
Barkah, N., Sutinah, E., & Agustina, N. (2020). Metode Asosiasi Data Mining Untuk Analisa Persediaan Fiber Optik Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3), 237–248. https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.288
Donni Prabowo, F. R. (2020). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI BUKU PADA AMIKOM RESOURCE CENTER Sistem Informasi Universitas AMIKOM Yogyakarta Abstraksi Keywords : 3(1), 8–12.
Lestari, A. F., Hafiz, M., Bina, U., Informatika, S., & Kunci, K. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse. 96–105.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2(2), 31–39.
Rahmadsyah, A., & Rosnelly, R. (2021). Analisa Association Rule Pada Algoritma Apriori Untuk Minat Pembelian Alat Kesehatan. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 280–286. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2658
Saputro, G. A. (2017). Perapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Penjualan di Cafe.
Saragih, S. D. (2021). Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori. 3(3), 78–83.
Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(2), 262–276. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i2.195
Sukrianto, D., & Alhafizh, M. D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Web Sistem Informasi Koperasi Syariah Pada Pengadilan Agama Pekanbaru. Jurnal Intra-Tech, 3(2).
Wadisman, C. (2018). PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA LOGISTIK PADA KANTOR CABANG BRI SOLOK. Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(2), 140–150. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i2.290
Refbacks
- There are currently no refbacks.