Implementasi Data Mining Pada Penjualan Barang Di Supermarket Perdagangan Menggunakan Metode Apriori

Anggita Nadia Putri

Abstract


Supermarket merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Supermarket adalah sebuah toko swalayan yang memiliki banyak cabang diindonesia dan memiliki data penjualan setiap harinya. Supermarket juga merupakan jenis Warabala yang menjual hasil karya anak negeri yang sudah memiliki brand yang dikenal di benak masyarakat. Data transaksi penjualan hanya dapat disimpan tanpa melakukan analisis lebih lanjut. Dalam menganalisis suatu sistem diperlukan data transaksi penjualan dengan menggunakan algoritma Apriori untuk penataan tata letak barang pada tampilan produk berdasarkan kriteria. Aplikasi data mining dibentuk dengan menggunakan bahasa pemrograman basis data Msql. Algoritma apriori menggunakan minimun support, minimum confidence, frequent itemset dan data transaksi untuk menemukan aturan asiosiasi. Adapun fungsi pelayanan karyawan terhadap peningkatan penjualan di Supermarket sangat penting. Pentingnya pelayanan karyawan memiliki dampak yang sangat baik untuk konsumen.. 

References


Agustiani, Nina, Dedi Suhendro, Widodo Saputra, and Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar. 2020. “Penerapan Data Mining Metode Apriori Dalam Implementasi Penjualan Di Alfamart.” Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2 (0): 300–304. http://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/view/175.

Althur, Ibnu Agiel`S. 2019. “Analisis Hubungan Fasilitas Sekolah Dengan Perolehan Nilai Ujian Nasional Menggunakan Metode Apriori Association Rule.” EProceedings of Engineering 6 (3): 10380–96.

Indrajani. 2015. “Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service” 1 (1): 1–14.

Nurdin, and Dewi Astika. 2018. “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Menggunakan Metode Apriori Pada Supermarket Sejahtera Lhoksumawe.” Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 4: 77–80.

Peralatan, Penjualan, Sekolah Pada, Brand Wigglo, Dengan Menggunakan, Algoritma Apriori, Muhammad Syahril, Kamil Erwansyah, and Milfa Yetri. 2020. “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola.” ◼ 118 (1): 118–36.

Prasetyo, Vincentius Riandaru, Hamzah Lazuardi, Aldo Adhi Mulyono, and Christian Lauw. 2021. “Penerapan Aplikasi RapidMiner Untuk Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap US Dollar Dengan Metode Linear Regression.” Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi 7 (1): 8–17. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.8-17.

Rahmadsyah, Andi, and Rika Rosnelly. 2021. “Analisa Association Rule Pada Algoritma Apriori Untuk Minat Pembelian Alat Kesehatan.” Jurnal Media Informatika Budidarma 5 (1): 280–86. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2658.

Rerung, Rintho Rante. 2018. “Penerapan Data Mining Dengan Memanfaatkan Metode Association Rule Untuk Promosi Produk.” Jurnal Teknologi Rekayasa 3 (1): 89–98. https://doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.89-98.

Santoso, Santoso, and Radna Nurmalina. 2017. “Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut).” Jurnal Integrasi 9 (1): 84–91.

Tana, Mateus Paga, Fitri Marisa, and Indra Dharma Wijaya. 2018. “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori.” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 3 (2): 17–22. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i2.167.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0