Analisis Pola Minat Siswa Lulusan SMU SMK Untuk Melanjutkan Kuliah

Yuli Septya Ayunda

Abstract


STIKOM Tunas Bangsa merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik  yang ada di kota Pematangsiantar. Dengan banyak nya perguruan tinggi yang ada di kota Pematangsiantar tentunya menimbulkan persaingan dalam menarik minat calon mahasiswa baru. Agar dapat tetap mempertahankan jumlah mahasiswa tiap tahunnya pihak perguruan tinggi harus tahu faktor apa yang menjadi pendorong utama bagi calon mahasiswa/i untuk melanjutkan studi nya di STIKOM Tunas Bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor utama siswa lulusan SMU/SMK dalam melanjutkan studi di STIKOM Tunas Bangsa. Data diperoleh dari kuoisoner yang kemudian diolah menggunakan Data Mining dengan Algoritma C4.5 dan diuji dengan software Rapid Miner.


References


Aziza, N., & Wahyudi, E. (2019). Kecenderungan Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor.

Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi.

Nas, C. (2021). Data Mining Prediksi Minat Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma C4.5.

Prasetyowati, E. (2017). Data Mining Pengelompokan Data untuk Informasi dan Evaluasi. In M. Afandi (Ed.), Duta Media.

Puspabhuana, A. M. S. (2017). DATA MINING Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan RapidMiner. In A. . Kusuma putra (Ed.), Data Mining Pengolahan Data Menjadi Informasi Dengan RapidMiner.

Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Tasikmalaya, C. O., Sambani, E. B., & Nuraeni, F. (2017). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Klasifikasi Pola Penjurusan di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Kota Tasikmalaya. 9(3), 149–157.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0