Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Restoran Ayam Penyet Cindelaras Menggunakan Algoritma C4.5
Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam menilai tingkat pelayanan yan diberikan oleh Restoran kepada pelanggannya. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan yang dirasakan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh restoran Cindelaras Pematang Siantar menggunakan Algoritma C4.5 dalam memutuskan tingkat kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, penulis membagikan kuesioner yang melibatkan sebanyak 100 responden pelanggan restoran Cindelaras Pematang Siantar untuk penilaian kepuasan pelanggan. Atribut masukan kepuasan pelanggan mencakup produk, pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi yang berasal dari data survei. Penulis mencoba mengukur beberapa aspek menggunakan pohon keputusan (decision tree). Setelah dilakukan perhitungan secara manual, maka dilakukan pembuktian dengan menggunakan software RapidMiner. Dengan ketentuan variabel di antaranya 1)Tangibles, 2)Reliability, 3)Responsive,4)Assurance,5)Emphty. Penelitian ini diharapkan dapat meningkat mutu kualitas pada pelayanan ayam penyet cindelaras.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Fadillah, W. R., Hartama, D., Damanik, I. S., Safii, M., & Suhendro, D. (2020). Implementasi Data Mining C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Asisten Laboratorium Komputer. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2(3), 403–414.
Faisal, S. (2019). Klasifikasi Data Minning Menggunakan Algoritma C4.5 Terhadap Kepuasan Pelanggan Sewa Kamera Cikarang. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36805/technoxplore.v4i1.541
Intan, R. (2020). Bab I .... ﻢﻠﺳو ﮫﯿﻠﻋ ﷲ ﻰﻠﺻ ﻲ ﱠ ِ ﺒﱠﻨﻟا ﺎ َ ﻨ ﯿ ْ َ َ ر ﺎ َ ﻤ ﻛ َ اﻮﱡﻠ َ ﺻ َ و. Bab I, 1–16.
Putri, S. M., & Arnomo, S. A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Hinet Batam). Journal of Information System Research (JOSH), 1(2), 70–76. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/69
Ramadhan, G., Perdana Windarto, A., Irawan, E., Saputra, W., Okprana, H., Infomasi, S., Tunas, S., Pematangsiantar, B., & Tunas, A. (2020). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien BPJS. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 376–385.
Septiani, W. D. (2017). Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining Algoritma C4.5 Dan Naive Bayes Untuk Prediksi Penyakit Hepatitis. None, 13(1), 76–84.
Sihombing, R. E. A., Hardinata, J. T., & ... (2021). Penerapan Algoritma C4. 5 Data Mining Dalam Mengukur Tingkat Kepuasaan Masyarakat Kecamatan Siantar Terhadap Perbaikan Jalan 2019. … Informasi (Komputer Dan …, 2(2), 91–98. http://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/63
Widiastari, A., Solikhun, & Irawan. (2021). Analisa Datamining dengan Metode Klasifikasi C4 . 5 Sebagai Faktor Penyebab Tanah Longsor. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 2(3), 247–255. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josyc/article/view/741
Refbacks
- There are currently no refbacks.