Analisis Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Roti “Pinkan Bakery” Dengan Algoritma C4.5

Novita Indriyani

Abstract


Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menilai tingkat kualitas produk kepada konsumennya. Tujuan  Penelitian ini dibuat untuk mengetahui factor dominan dalam kepuasan konsumen terhadap produk Toko. Dengan ini pihak Toko dapat melihat aspek mana yang harus ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah Algoritma c4.5. Dimana sumber data yang digunakan menggunakan teknik kuisioner yang diberikan kepada konsumennya.  Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah Harga(C1), Rasa(C2), Kualitas Pelayanan(C3), Kebersihan Tempat/Lingkungan fisik(C4), Ukuran Produk(C5). Hasil dari klasifikasi algoritma C4.5 akan diuji dengan menggunakan software Rapidminer.



References


Asbar, Yuli, and Mochammad Ari Saptari. 2017. “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES.” Jurnal Visioner & Strategis 6(2):39–47.

Buulolo, Efori. 2020. “Data Mining Untuk Perguruan Tinggi - Efori Buulolo - Google Buku.”

Chairani, Yulia, and Jaya Tata Hardinata. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Baju Polos Dan Sablon Digital Di Toko Cititex Cabang Kota Pematangsiantar.” 2(10):615–21. doi: 10.47065/tin.v2i10.1373.

Diansyah, Surya. 2022. “Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour ( KNN ).” 4:1–3. doi: 10.37034/jsisfotek.v4i1.114.

Ester, Riama, Angelina Sihombing, Jaya Tata Hardinata, Zulaini Masruro, Stikom Tunas Bangsa, and Sumatera Utara. 2019. “Penerapan Algoritma C4 . 5 Data Mining Dalam Mengukur Tingkat Kepuasaan Masyarakat Kecamatan Siantar Terhadap Perbaikan Jalan 2019.” 2(2):91–98.

Fadilah, Evi. 2019. “Implementasi Metode Profile Matching Terhadap Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Pertamina (BAZMA).” Matics 10(2):39. doi: 10.18860/mat.v10i2.5745.

Hermansyah, Dimas, and Wiludjeng Roessali. 2021. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Sawi Organik Di Farmers Market Semarang Analyze of Factors Affecting Consumer Satisfaction on The Purchase of Organic Mustard Green in Famers Market Semarang Kepuasan Konsumen Mempunyai Vi.” 19(2):177–88.

Ilham Budiman1), Sopyan Saori2), Ramdan Nurul Anwar3), Fitriani4) &. Muhamamd Yuga, and Pangestu5). 2021. “戴志敏 1 , 顾丽原 1 , 诸竹君 2.” 35(2):1–14.

Ilhamde. 1967. “Rancangan Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.

Informasi, Sistem, Universitas Putera Batam, Kata Kunci, Kecelakaan Kerja, and Data Mining. 2017. “Analisa Dan Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Data Mining Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Kontruksi PT . Arupadhatu Adisesanti.” 2(1):36–41.

Izzah, Lailil, and Arief Jananto. n.d. “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Perencanaan Kebutuhan Obat Di Klinik Citra Medika.” 69–76.

Metode, Menggunakan, C. Algoritma, Steven Chris Limong, and Dera Susilawati. 2020. “Analisis Perancangan Sistem Untuk Kepuasan Pelanggan Pada UD . Shinta Elektronic Dengan.” 2.

Sumpena, Jaya, and Nina Kurnia H. 2019. “Analisis Prediksi Kelulusan Siswa PKBM Paket C Dengan Metoda Algoritma Naïve Bayes.” Tedc 13(2):127–33.

Suradi, A. D. I. 2018. “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Rekomendasi Beasiswa Dengan Metode Algoritma C4.5.”

Yolanda, Ike, and Hasanul Fahmi. 2021. “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Roti Terlaris Pada PT . Nippon Indosari Corpindo Tbk Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor.” 3(3):9–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0