Analisis Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Ulos (Kasus: TOKO LPK ANUGRAH)

Jenny Yohana Tampubolon

Abstract


Toko Lpk anugrah merupakan toko pengrajin tenunan yang berlokasi di Jl.Halilintar No.6. Siopat Suhu. Kec.Siantar Timur. 21136. Kota Pematangsiantar. Dikota Pematangsiantar terdapat banyak toko yang menjual ulos. Banyaknya data transaksi yang tidak dimanfaatkan secara maksimal menjadi permasalahan tersendiri bagi pemilik usaha. Banyaknya data tersebut dapat diolah menggunakan algoritma apriori untuk membuat rekomendasi barang yang paling sering dibeli oleh konsumen. Algoritma apriori merupakan salah satu algoritma klasik datamining. Algoritma apriori digunakan agar komputer dapat mempelajari asosiasi, mencari pola hubungan antar satu atau lebih barang dalam suatu dataset. Penelitian ini menghasilkan aturan asosiasi yang terbentuk. Data tersebut bisa dijadikan sebagai informasi kepada pemilik toko untuk mengembangkan strategi penjualan dan membentuk pola penjualan baru yang lebih baik agar penjualan di toko tersebut dapat berjalan secara maksimal.

References


Aprilliyani, M., & Putra, M. Y. (2019). Algoritma Apriori UntukMenentukan Pola PenjualanPada 212 Mart Cibitung. Information System for Educators and Professionals, 3(2), 215–226.

Budiyasari, V. N., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2(2), 31–39.

Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. In DeePublish. https://www.google.co.id/books/edition/Data_Mining_Untuk_Perguruan_Tinggi/-K_SDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Data+Mining+Konsep+dan+Aplikasi+Menggunakan+Matlab&printsec=frontcover

Despitaria, Sujaini, H., & Tursina. (2016). Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan Data Mining dengan Algoritma A Priori. Justin, 4(2), 6.

Miftahul Huda, M. K. (2019). Algoritma Data Mining: Analisis Data Dengan Komputer. https://books.google.co.id/books?id=CGOtDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2019). Algoritma Data Mining Dan Pengujian. In Algoritma Data Mining dan Pengujian.

Prasetyowati, E. (2017). Data Mining Pengelompokan Data untuk Informasi dan Evaluasi. In Duta Media. https://books.google.com.sg/books?id=rEH2DwAAQBAJ&dq=%22pengertian+data+mining%22&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Saragih, S. D. (2021). Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori. 3(3), 78–83.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), Vol 4, No.(September), 1–4.

Sofyan. (2019). Implementation of Data Mining with Association Rule in Decision Making for Product Purchase Correlation Using the Apriori Algorithm. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

sutrisno. (2020). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PRODUK DANA PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK. 3(1), 13–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0