Naïve Bayes Klasifikasi untuk Rekomendasi Strategi Promosi Tindakan pada Aesthetic Dental Clinic Karawang

Dwiarti Rahma Utami, Adi Kurniawan, Ultach Enri

Abstract


Aesthetic Dental Clinic is one of clinic in Karawang. To keep old patients and attract new patients visiting Aesthetic Dental Clinic, it is necessary to develop a new marketing strategy in promotion. The metodh of data mining classification can be used to help determine promotional strategies to attract customers. The Naïve Bayes algorithm can be helpful to predict customer interest based on promos given by the ADC Clinic (Aesthetic Dental Clinic). The Naïve Bayes algorithm is a data mining classification algorithm that can be used to support an effective and efficient promotion strategy. The result of this research is the application of the data mining algorithm, namely Naïve Bayes, which can provide important information such as prediction results in an effort to attract customer interest. The data used in this study is customer data from October 2020 - November 2020. The accuracy value generated by Naïve Bayes using Rapid Miner was 31.74% and the result of kappa value was 0.183. With the accuracy value obtained, it is hoped that it can help to support promotional strategies that have an impact on the effectiveness and efficiency of promotions and can increase the number of new customers.

Full Text:

PDF

References


Aswar, M., “Penerapan Metode K-Nearest Neighbor untuk Identifikasi Penyakit Karies Gigi pada Manusia”, Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta, 2019.

Devita, R. N., Herwanto, H. W., & Wibawa, A. P., “Perbandingan Kinerja Metode Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor untuk Klasifikasi Artikel Berbahasa Indonesia”, JTIIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol, 5, 2018.

Farida, I. N., & Niswatin, R. K., “Penggunaan Algoritma Naïve Bayes Untuk Mengevaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Sains dan Informatika”, 3(2), 122-127, 2017.

Harianto, H., Sunyoto, A., & Sudarmawan, S., “Optimasi Algoritma Naïve Bayes Classifier untuk Mendeteksi Anomaly dengan Univariate Fitur Selection”, Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 40-49, 2020.

Irfansyah, P., “Kajian Komparasi Penerapan Algoritma Data Mining (C4. 5, Bayesian Classifier, Dan Neural Network) dalam Menentukan Promosi Jabatan”, Prosiding Seminar Nasional 2016. Indonesia : Universitas PGRI Semarang, 2017.

Misdram, M., Syarifuddin, F., & Widodo, A. A., “Klasifikasi Data Set Virus Corona Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier”,Jurnal SPIRIT, 12(2). 2020.

Mursandi, D. A., “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkomsel pada Mahasiswa Jurusan Kemaritiman”, Jurnal Maritim, 10(2), 68-76. 2020.

Nawarini, N. J., “Analisis Rancangan Strategi Rumah Sakit dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien Studi Kasus Pada Rumah Sakit Khusus Gigi Dan Mulut Kota Bandung”, Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana, 2020.

Nofriansyah, D., Erwansyah, K., & Ramadhan, M., “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi)”, Jurnal Saintikom, 15(2), 2016.

Prabowo, A. D. R., & Muljono, M., “Prediksi Nasabah yang Berpotensi Membuka Simpanan Deposito Menggunakan Naïve Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization”, Techno. Com, 17(2), 208-219, 2018.

Pratama, S., & Priambodo, R., “Data Warehouse Menggunakan Algoritma Naïve Bayes untuk Menunjang Analisis Divisi Marketing di Perusahaan Multifinance”, Jurnal Cendikia, 17(1 April), 272-280, 2019.

Rachmi, P. N., “Gambaran Bauran Promosi Unit Pemasaran Rumah Sakit Islam Surabaya” , VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(01), 2020.

Seko, M. K., Engkeng, S., & Tucunan, A. A., “Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Peserta Didik Tentang Bahaya Merokok di SMA Negeri 1 Manado”, KESMAS, 9(1), 2020.

Syukri-Mustafa, M., & Wayan-Simpen, I. “Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier”, In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 6, No. 1), 2017.

Tandra, D. J., Noertjahyana, A., & Purbowo, A. N. “Implementasi Web Scraping untuk Pengumpulan Informasi Promo Makanan Menggunakan Klasifikasi Naïve Bayes”, Jurnal Infra, 8(1), 289-294, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v5i2.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer & Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By:

Jumlah Kunjungan :

View My Stats