Menerapkan Algoritma Neural Network Pada Chatbot Mengenai Pariwisata Di Provinsi Bangka Belitung
(1) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Y. Megawandi, “Pembangunan Pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Pendekatan Whole of Government,” J. Widyaiswara Indones., vol. 1, no. 2, pp. 108–119, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/27/26
V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.
D. Irga, B. N. Fakhri, C. Prianto, and S. Fachri Pane, “Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA) 2021 ISSN: 2686-6595 Cimahi,” pp. 1–8, 2021.
N. A. Purwitasari and M. Soleh, “Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Parocessing,” J. IPTEK, vol. 6, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.31543/jii.v6i1.192.
N. Nurmila, A. Sugiharto, and E. A. Sarwoko, “Algoritma Back Propagation Neural Network Untuk Pengenalan Pola Karakter Huruf Jawa,” J. Masy. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2010, doi: 10.14710/jmasif.1.1.74.
F. Deby Fambayun, G. Asrofi Buntoro, and F. Masykur, “Penerapan Algoritma Neural Network Pada Chatbot Bahasa Jawa Tingkat Tutur Krama Alus,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 40–46, 2022.
I. Ruben and T. Lesmana, “Implementasi Neural Network untuk Pembuatan Chatbot Menggunakan Dataset Pertanyaan Mahasiswa,” vol. 8, no. 1, pp. 573–581, 2022.
M. F. Fadli, G. A. Buntoro, and F. Masykur, “Penerapan Algoritma Neural Network Pada Chatbot Pmb Universitas Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Web,” JuSiTik J. Sist. dan Teknol. Inf. Komun., vol. 6, no. 1, pp. 13–22, 2023, doi: 10.32524/jusitik.v6i1.786.
A. Hikmah et al., “Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik,” vol. 10, no. 1, pp. 371–382, 2023.
T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, and D. Herlambang, “Implementasi Chatbot Pada Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Recurrent Neural Network,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 91–101, 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.
A. S. Toamain, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant Dalam Pelayanan Pengguna Data Di Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku,” J. Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 24–31, 2021, doi: 10.52643/jti.v7i1.1292.
Y. Yunefri, Y. E. Fadrial, and S. Sutejo, “Chatbot Pada Smart Cooperative Oriented Problem Menggunakan Natural Language Processing dan Naive Bayes Classifier,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 131–140, 2021, doi: 10.31539/intecoms.v4i2.2704.
P. Y. S. . M. S. R. Astiningrum Mungki., “Implementasi NLP dengan Konversi Kata pada Sistem Chatbot Konsultasi Laktasi,” J. Inform. Polinema, vol. 5, no. November, pp. 46–52, 2018.
K. D. Ningtyas, R. Kurniawan, and A. Armansyah, “Penerapan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Info Layanan Kantor Menggunakan Naive Bayes Algorithm,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 6, no. 1, p. 266, 2023, doi: 10.53513/jsk.v6i1.7413.
A. Almustaqim and A. N. Toscany, “Perancangan Sistem Chatbot Sebagai Virtual Assistant Pada Pt. Everbright Jambi,” Skanika, vol. 5, no. 2, pp. 228–239, 2022, doi: 10.36080/skanika.v5i2.2953.
D. Yuliana, Purwanto, and C. Supriyanto, “Klasifikasi Teks Pengaduan Masyarakat Dengan Menggunakan Algoritma Neural Network,” J. KomtekInfo, vol. 5, no. 3, pp. 92–116, 2019, doi: 10.35134/komtekinfo.v5i3.35.
B. Warsito, “Kapita Selekta Statistika Neural Network,” 2009.
T. Iskandar Zulkarnain Maulana Putra, A. Farhan Bukhori, dan Ilmu Pengetahuan Alam, and U. Gadjah Mada, “Model Klasifikasi Berbasis Multiclass Classification dengan Kombinasi Indobert Embedding dan Long Short-Term Memory untuk Tweet Berbahasa Indonesia (Classification Model Based on Multiclass Classification with a Combination of Indobert Embedding and Long ,” J. Ilmu Siber dan Teknol. Digit., vol. 1, no. 1, pp. 1–28, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.35912/jisted.v1i1.1509
Mahardhika Chandra, Rizki Pratama, Fathan Azka Pradana, and Alvita Bonita, “Chatbot Interaksi Rumah Sakit menggunakan FFNN,” Indones. J. Data Sci., vol. 3, no. 1, pp. 62–68, 2022, doi: 10.56705/ijodas.v3i1.36.
A. Muhidin, M. Danny, and E. Rilvani, “Algoritme Multinomial Naïve Bayes Pada Aplikasi Chatbot Layanan Informasi Berbasis Teks,” Progresif J. Ilm. …, pp. 71–80, 2023, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/view/1113%0Ahttp://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/progresif/article/download/1113/640
DOI: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v7i2.678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer & Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By:
Jumlah Kunjungan :