Associate Professor Tutut Herawan, PhD STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar North Sumatera, Indonesia Web of Science ResearcherID: AAB-6534-2021 Scopus ID: 35085139400
Supervised By:
Bekerjasama:
About The Authors
Tania Dian Tri Utami STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar Indonesia
Agus Perdana Windarto STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar Indonesia
Dedy Hartama AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar Indonesia
Solikhun Solikhun AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar Indonesia
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENJUALAN AIR MINUM ISI ULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH SET
Tania Dian Tri Utami(1*), Agus Perdana Windarto(2), Dedy Hartama(3), Solikhun Solikhun(4),
(1) STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar (2) STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar (3) AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar (4) AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar (*) Corresponding Author
Abstract
Kepuasan Pelanggan dalam penjualan air minum isi ulang merupakan hal penting. Mengingat penjulan air minum isi ulang yang semakin meningkat pada tiap daerah. Pada zaman sekarang, masyarakat lebih memilih konsumsi air minum isi ulang dikarenakan lebih hemat waktu dan biaya. Meningkatnya penjualan air minum isi ulang juga merupakan akibat dari susahnya mendapatkan air bersih untuk konsumsi. Penjualan air minum yang baik juga berdasarkan pada tingkat kebersihan air, mutu pelayanan, harga, serta waktu pengisian air tersebut. Dalam hal ini, penulis melakukan analisis pada Depot Air Minum Isi Ulang Rihata Water di Jl. Nirwana Huta VII, Desa Purbasari, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Rough Set. Metode ini diharapkan dapat mengetahui kepuasan pelanggan terhadap penjualan air minum isi ulang. Analisis ini diharapkan dapat membantu menemukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap penjualan air minum isi ulang. Dan dari hasilnya, analisis ini dapat menunjukkan pemberian hadiah terhadap pelanggan sesuai dengan kriteria tingkat kepuasannya.
Hartama, Dedy dan Hartono. 2016. Analisis Kinerja Dosen STMIK IBBI dengan Menggunakan Metode Rough Set. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016. ISSN: 2302-3805
http://recommendersystems.readthedocs.org/en/latest/datamining. html diakses tanggal 28 Januari 2016
Kurniawati, Siti. 2015. Penerapan Metode Rough Set Pada Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel (Studi Kasus Hotel Graha Buana Medan). Majalah Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume: V, Nomor: 2, Januari 2015, ISSN: 2339-210X, hal 138-142.
Nurhayati. 2014. Metode Rough Set untuk Melihat Perilaku Suami yang Menjadi Akseptor KB Vasektomi. Majalah Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume: III, Nomor: 2, Juni 2014, ISSN: 2339-210X, hal 94-99.
JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) Print/Online ISSN 2527-5771/2549-7839 Organized by LPPM STIKOM Tunas Bangsa Published by STIKOM Tunas Bangsa W: https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) Published Papers Indexed/Abstracted By: