Penerapan Chatbot Pada Kerusakan Sepeda Motor Injeksi Dengan Basis Dialogflow dengan Telegram
(1) Universitas Stikubank Semarang, Semarang, Indonesia
(2) Universitas Stikubank Semarang, Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
M. Martias, D. Setiawan, A. Arif, and R. Rifdarmon, “Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor Injeksi Untuk Pemuda Putus Sekolah,” Suluah Bendang J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 19, no. 3, p. 166, 2019, doi: 10.24036/sb.0280.
H. Tan and A. Hajjah, “Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor Injeksi,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 2, pp. 99–103, 2019.
A. Syaputra and D. Setiadi, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Yamaha Matic Menggunakan Metode Forward Chaining,” Jusikom J. Sist. Komput. Musirawas, vol. 5, no. 2, pp. 126–135, 2020, doi: 10.32767/jusikom.v5i2.1039.
C. A. Oktavia, “Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 4, no. 3, pp. 36–40, 2020, doi: 10.37438/jimp.v4i3.230.
I. D. Haryanto and S. Saefurrahman, “Implementasi Chatbot Kesehatan Kucing Melalui Dialogflow dan Telegram untuk Pemberian Informasi Penyakit dan Perawatan,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 5, no. 4, pp. 365–376, 2024, doi: 10.35746/jtim.v5i4.484.
R. A. Sanjaya and E. Winarno, “Pengembangan Chatbot Informasi Pariwisata di Kabupaten Pati Menggunakan Metode Natural Language Processing Berbasis Dialogflow,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 13, no. 1, p. 368, 2024, doi: 10.35889/jutisi.v13i1.1828.
D. Rosmala and L. R. Rachmaniar, “Perancangan Chatbot Telegram Untuk Pelayanan Jasa Suatu Perusahaan,” Fti, vol. X, no. X, pp. 1–12, 2022, [Online]. Available: https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fti/article/view/967
D. W. Harahap and L. Fitria, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow,” J-ICOM - J. Inform. dan Teknol. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2020, doi: 10.33059/j-icom.v1i1.2796.
J. P. Situmorang and A. A. Fajrin, “Sistem Pakar Untuk Mediagnosa Kode Kerusakan Pada Sepeda Motor Injeksi Yamaha Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Comput. Sci. Ind. Eng., vol. 9, no. 3, 2023, doi: 10.33884/comasiejournal.v9i3.7671.
Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.
M. T. Abdillah, I. Kurniastuti, F. A. Susanto, and F. Yudianto, “Implementasi Black Box Testing dan Usability Testing pada Website Sekolah MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya,” J. Comput. Sci. Vis. Commun. Des., vol. 8, no. 1, pp. 234–242, 2023, doi: 10.55732/jikdiskomvis.v8i1.897.
M. Muliyono and S. Sumijan, “Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 142–147, 2021, doi: 10.37034/infeb.v3i4.102.
DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v9i2.817
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v9i2.817.g791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By: