The 1st International Conference on Computer Sciences and Applied Mathematic (ICCSAM 2018) bekerjasama dengan Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Tunas Bangsa Pematangsiantar menyelenggarakan konferensi internasional Computer Sciences and Applied Mathematic untuk pertama kali. Beberapa pembicara utama (keynote speaker) yang hadir dalam konferensi tersebut, diantaranya Prof. Dr. Gerhard W. Weber (Institute of Applied Mathematics Middle East Technical University Ankara, Turkey), Prof. Dr. Abdel Salhi (University of Essex, United Kingdom), Prof. Dr. Kamal Z. Zamli (Faculty of Computer Systems and Software Engineering Universiti Malaysia Pahang, Malaysia), Prof. Dr. Saib Suwilo (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia) dan Prof. Dr. Herman Mawengkang (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia. Konferensi tersebut berlangsung di Parapat Sumatera Utara, Indonesia, pada 11 Oktober 2018. Dipandu oleh STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia didukung oleh Bank Muamalat, Masyarakat Matematik Indonesia (INDOMS), Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN). Tema yang dibawakan pada konferensi adalah “Advancing Computability Innovation”, konferensi ini bertujuan (1) untuk mempertemukan para ilmuwan, insinyur, peneliti dan praktisi, akademisi, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil dalam forum ilmiah; (2) untuk berbagi dan mendiskusikan pengetahuan teoritis dan praktis tentang inovasi dalam ilmu komputer dan matematika terapan. Secara khusus, konferensi ini dapat digunakan sebagai forum ilmiah untuk mengakomodasi diskusi di antara para peneliti muda yang berasal dari Indonesia di bidang ilmu komputer dan matematika terapan. Oleh karena itu, pembicara yang diundang dalam konferensi ini adalah peneliti muda yang terkenal dan terkemuka di dunia.

 

Ketua Steering Committee sekaligus pembicara kunci konferensi ICCSAM-2018, Prof. Dr. Herman Mawengkang, mengatakan antusiasme  para peserta dari berbagai penjuru sangat tinggi terhadap konferensi ini. Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini sebanyak 106 peserta dari 5 negara ikut andil dalam perhelatan akbar ini. Mereka akan membahas 9 topik mengenai isu bidang komputer dan Mathematic terkini.

 

“Beragam isu yang akan dibahas dalam konferensi, diantaranya Rekayasa Perangkat Lunak, Keamanan dan Jaringan, Sistem Informasi, Komputasi Liguistik, Komputasi, Matematika Terapan, Riset Operasional dan Matematika Murni,” terang  Prof. Dr. Herman Mawengkang.

 

Menurut Prof. Dr. Herman Mawengkang konferensi internasional “ICCSAM-2018” dapat menjadi kesempatan dan momentum sangat baik bagi segenap praktisi dan akademisi di Indonesia untuk menjalin jejaring dengan para peneliti bidang komputer dan Mathematic dari berbagai negara di dunia. Selain itu, Prof. Dr. Herman Mawengkang berpendapat bahwa pelaksanaan ICCSAM-2018 yang dilaksanakan di Niagara Hotel, Parapat, Sumatera Utara akan membawa dampak positif bagi pariwisata Parapat, Sumatera Utara. Pasalnya, para peserta dari berbagai negara akan diajak berkeliling parapat dengan mengikuti paket wisata yang disediakan oleh pihat panitia.

 

“Harapannya kegiatan ini dapat memunculkan berbagai solusi dan rekomendasi yang dapat digunakan berbagai negara khususnya di Asia Pasifik untuk menghadapi berbagai masalah di bidang  komputer dan Mathematic yang ada khususnya yang berkaitan Revolusi Indutri 4.0,” tutur Prof. Dr. Herman Mawengkang. (LPPM AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa/Agus Perdana Windarto)

 

error: Maaf!! Akses Ditolak Untuk Mengambil Data di LPPM Amik Tunas Bangsa.