Penerapan Framework Ltsa Untuk Mengembangkan Lms Berbasis Blended Learning Untuk Proses Pembelajaran
(1) Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia
(2) Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia
(3) Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Maritsa, U. Hanifah Salsabila, M. Wafiq, P. Rahma Anindya, dan M. Azhar Ma’shum, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, no. 2, hal. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah,” Peratur. Menteri Pendidik. Dan Kebud. Republik Indones. Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidik. Jarak Jauh Jenjang Pendidik. Dasar Dan Menengah, no. 1650, hal. 1–12, 2014, [Daring]. Tersedia pada: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud119-2014PJJ-Dikdasmen.pdf
S. Arifin dan A. Maulidi, “Penerapan Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Jendela Pendidik., vol. 3, no. 02, hal. 272–279, 2023, doi: 10.57008/jjp.v3i02.455.
M. M. Falah, “Menimbang Efektifitas Pelatihan Model Blended Learning Selama Pandemi Covid-19,” Tatar Pas. J. Diklat Keagamaan, vol. 17, no. 1, hal. 1–11, 2023, doi: 10.38075/tp.v17i1.290.
Lestari et al., “Hybrid learning on problem-solving abiities in physics learning: A literature review,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1796, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012021.
K. A. Puspita dan F. Tirtoni, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Lect. J. Pendidik., vol. 14, no. 1, hal. 85–98, 2023, doi: 10.31849/lectura.v14i1.12031.
H. S. Batubara, A. R. Riyanda, R. Rahmawati, A. Ambiyar, dan A. D. Samala, “Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, hal. 4629–4637, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2816.
S. Pratama, L. Y. Syah, dan F. Fitriya, “Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SMK Negeri 2 Lahat,” J. Bisnis, Manajemen, dan Ekon., vol. 4, no. 1, hal. 55–81, 2023, doi: 10.47747/jbme.v4i1.1020.
Nurrijal, P. Setyosari, D. Kuswandi, dan S. Ulfa, “Creative Problem Solving Process Instructional Design in the Context of Blended Learning in Higher Education,” Electron. J. e-Learning, vol. 21, no. 2, hal. 80–97, 2023, doi: 10.34190/ejel.21.2.2653.
A. R. Putri, J. Mujiyanto, R. Hartono, dan ..., “Blended Learning as an Alternative Teaching Method in Facing the Globalization of Higher Education in Indonesia,” Pros. Semin. …, hal. 1121–1124, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2285%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/2285/1768
Y. A. Zakiri dan S. Sofiana, “Implementasi E-Learning Dengan Framework Learning Technology System Architecture ( LTSA ) Pada MTS Al- Ittihadiyah,” vol. 1, no. 06, hal. 707–717, 2022.
H. L. H. S. Warnars, “Pemodelan Elearning Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Framework Learning Technology System Architecture (Ltsa) Dan Unified Modeling Language (Uml),” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 15, no. 1, hal. 43, 2017, doi: 10.12962/j24068535.v15i1.a634.
S. Sengupta dan R. Dasgupta, “Architectural design of a LMS with LTSA-conformance,” Educ. Inf. Technol., vol. 22, no. 1, hal. 271–296, 2017, doi: 10.1007/s10639-015-9443-z.
P. Rao, P. Rao, dan C. Pushpita, “Pracetak EasyChair Peran Standar E-Learning dalam Pendidikan Teknologi Peran Standar e-Learning dalam Teknologi Pendidikan,” 2023.
P. Rachmadi, “( Case Study : Lembaga Sertifikasi Profesi / LSP ),” hal. 1–4, 2019.
J. Internasional et al., “Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Manajemen Pembelajaran Sistem ( LMS ),” vol. 02, hal. 93–99, 2023.
A. F. Nashar, S. Agus, dan A. H. Utama, “Pemanfaatan Bisa.Design Sebagai Learning Management System untuk Mendukung Implementasi Online Learning,” J. Instr. Technol., vol. 5, no. 1, hal. 137–147, 2024.
A. Shofiyani, M. A. Machfud, dan M. Y. F. Barry, “Implementasi Model Pembelajaran Pai Online Berbasis Learning Management System,” J. Educ. Dev., vol. 11, no. 2, hal. 242–244, 2023, doi: 10.37081/ed.v11i2.4651.
S. Budi, I. S. Utami, G. Arnez, P. W. J. Ernanda, dan W. Saputri, “Penerapan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa,” J. Pendidik., vol. 32, no. 1, hal. 159–164, 2023.
M. B. Yel, D. I. Mulyana, F. Adhipramana, F. F. Pratama, dan O. Prasetiyo, “Implementasi Aplikasi Sistem Manajemen Pembelajaran dan Kehadiran Siswa pada IDN Akademi Berbasis jaring Abstrak Abstrak,” vol. 4, no. 2, hal. 284–293, 2023.
B. Hariadi, M. J. D. Sunarto, T. Amelia, T. Sagirani, dan J. Lemantara, “Pelatihan Online Model Blended Learning dan Learning Management System untuk Pembelajaran di SMA,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 3, no. 5, hal. 1311–1320, 2023, doi: 10.54082/jamsi.847.
E. Aprillia, C. Nurhayati, dan A. P. B. Pandiangan, “Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran,” J. Ilmu Pendidik. dan Sos., vol. 1, no. 4, hal. 2829–272, 2023.
D. Harefa, “Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Junal Pendidik. Biol., vol. 4, no. 1, hal. 83–99, 2023.
M. K. U. BK dan H. Hamna, “Implementasi Model Pakemi Integrasi Blanded Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Ipas Siswa Di Sekolah Dasar,” Tolis Ilm. J. Penelit., vol. 5, no. 1, hal. 44, 2023, doi: 10.56630/jti.v5i1.329.
L. D. Putra dan S. Z. A. Pratama, “Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran,” J. Transform. Mandalika., vol. 4, no. 8, hal. 323–329, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005/1586
DOI: https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i2.365
DOI (PDF): https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i2.365.g362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published Papers Indexed/Abstracted By: