Desain Aplikasi Mobile Berbasis Android Untuk Menerapkan Model Pembelajaran Flipped Classroom Mata Kuliah Bahasa Inggris
(1) Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia
(2) Universitas Cenderawasih, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Savitri, O. and Meilana, S., “Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar,” Jurnal Basicedu, 7242-7249, 2022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457
Widyasari, S., Masykur, R., & Sugiharta, I., “Flipped classroom: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik madrasah tsanawiyah,” Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 15-22, 2021. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171
Silalahi, E., “Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii smp negeri 10 pematangsiantar,” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 273-279, 2022. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3372
Astuti, I, “Peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA melalui penerapan model flipped classroom pada pembelajaran sistem shift (bdr-btm) di masa new normal,” Science Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 173-182, 2022. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1271
Kuntum An Nisa Imania, Siti Husnul Bariah, 2020. Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran, Jurnal PETIK Volume 6, Nomor 2, pISSN : 2640-7363, e-ISSN : 2614-6606
Hanifudin Sukri dan Doni Abdul Fatah, Rancang Bangun Model Pembelajaran Flipped Classsrom Sebagai Solusi Peningkatan Daya Belajar Mandiri Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Edutic Vol.6, No.2, p-ISSN 2407-4489, e-ISSN 2528-7303, 2020.
P. Abeysekera, " Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research.," Higher education research & development, vol. 34, no. 1, p. 1014, 2015.
S. Utami, Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2017.
Apriliana, S., “Upaya meningkatkan belajar dan membaca dalam bahasa inggris. Karimahtauhid,” 3(3), 3626-3636, 2024. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12646
Wihartanti, A., “Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar pada blended learning”. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367-377, 2022. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Susanti, W., Yuliendi, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W., “Perancangan pembelajaran e-learning bahasa inggris untuk pemula berbasis multimedia,” Edukasi Jurnal Pendidikan, 18(1), 101, 2020. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601
Mahlil, M. and Masykar, T, ”Signifikansi Gambar terhadap pemahaman teks instruksi bahasa inggris pada pendidikan vokasi. Vocatech Vocational Education and Technology Journal,” 2020. https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i1.50
Ramadhani, S. and Izar, S., “Pengembangan bahan ajar mata kuliah bahasa inggris dasar dengan model kooperatif learning prodi pgsd fkip umsu,” Jurnal Basicedu, 1430-1434, 2022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1884
Widodo, L., Prayitno, H., & Widyasari, C., “Kemandirian belajar matematika siswa sekolah dasar melalui daring dengan model pembelajaran flipped classroom”. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902-3911, 2021. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M., “Model flipped classroom dan discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Prisma”, 10(1), 17, 2021. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Silalahi, E., “Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 pematangsiantar”, Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 273-279, 2022. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3372
Fitria, N., “Analisis media pembelajaran interaktif program lectora inspire berbasis android”, Edunomia Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(2), 263-273, 2024. https://doi.org/10.24127/edunomia.v4i2.5657
Agustin, Y. and Rindaningsih, I., “Framework pembelajaran matematika realistik berbasis flipped classroom terhadap minat belajar siswa sekolah dasar di masa pasca pandemic”, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1112-1123, 2022. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2862
Sari, S., Jusar, I., & Alyusfitri, R., “Validitas pengembangan pembelajaran flipped classroom berbantuan media interaktif pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar”, Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3111-3125, 2022. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1770
Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E., “Ethno-flipped classroom model: sebuah rekomendasi model pembelajaran matematika di masa new normal”, Axiom Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 2022. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10331
DOI: https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i3.430
DOI (PDF): https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i3.430.g425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published Papers Indexed/Abstracted By: