Alokasi Sumber Daya Radio pada Komunikasi Underlay Device-to-Device Menggunakan Algoritma Genetika

Salma Pratiwi, Arfianto Fahmi, Vinsensius Sigit

Abstract


Jumlah pengguna layanan telekomunikasi berbasis jaringan bergerak seluler terus meningkat, seiring ketergantungan masyarakat untuk bisa berkomunikasi dimana saja. Hal ini menyebabkan semakin padatnya trafik komunikasi dalam jaringan seluler. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu teknologi komunikasi Device-to-Device (D2D). Teknologi ini menjanjikan latensi yang rendah dan mampu meningkatkan efisiensi spektral. Namun, komunikasi D2D memberikan dampak interferensi ke komunikasi seluler. Sehingga diperlukan suatu algoritma untuk memitigasi interferensi. Dengan adanya permasalahan tersebut, penelitian ini melakukan pemodelan dan simulasi menggunakan algoritma Genetika dalam alokasi sumber daya radio sehingga dapat meminimalkan interferensi namun juga tetap bisa menjaga efisiensi energi yang terjadi pada sistem. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dimana Algoritma Genetika memberikan trade-off dimana efisiensi energi rata-rata sistem yang tinggi namun sum-rate sistem sangat rendah jika dibanding dengan algoritma pembandingnya yakni 17,038 Mbps/W dan 36,7925 Mbps. Hal ini terjadi karena penggunaan Algoritma Genetika dan power control pada inisiasi algoritma yang memberikan sistem kemampuan agar terdapat lebih banyak pengguna D2D dengan tetap menjamin tercapainya SINR minimum pengguna seluler.

Full Text:

PDF

References


C. D. Scott and R. E. Smalley, “Diagnostic Ultrasound: Principles and Instruments”, Journal of Nanosci. Nanotechnology., vol. 3, no. 2, (2003), pp. 75-80.

We are Social: DIGITAL 2019: GLOBAL INTERNET USE ACCELERATES, https://wearesocial.com/blog/2019/01/digital-2019-global-internet-use-accelerates, (diakses pada tanggal 17 September (2019).

Yadita Priatama, "Pengelolaan Sumber Daya Radio dan Mitigasi Interferensi pada Komunikasi Device to Device yang Underlaying pada Jaringan 5G", (2019).

H. Takshi, G. Dogan and H. Arslan, "Joint Optimization of Device to Device Resource and Power Allocation Based on Genetic Algorithm", IEEE Access, vol. 6, pp. 21173-21183, (2018), Available: 10.1109/access.2018.2826048.

L. Wang and H. Tang, Device-to-device communications in cellular networks, Springer Nature, (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp