Deteksi Kualitas Kacang Kedelai Melalui Pengolahan Citra Digital dengan Metode Gray-Level Co-Occurrence Matrix (Glcm) dan Klasifikasi Desicion Tree

Nur Fitriyati Romdhoni, Koredianto Usman, Bambang Hidayat

Abstract


Meningkatnya kebutuhan kacang kedelai selayaknya diikuti dengan peningkatan kualitas. Pemerintah melalui Dewan Standardisasi Nasional (DSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia untuk kualitas fisik biji kedelai (SNI 01-3922-1995). Pada proses menentukan butir rusak, pecah, warna lain, dan kotoran pada kacang kedelai dilakukan secara visual. Penentuaannya dilakukan manual dengan melakukan sortir menurut kriterianya masing-masing dengan menggunakan pinset, lalu ditimbang beratnya. Pada penelitian ini, dibuat sebuah simulasi sistem berbasis Matlab untuk membantu menentukan kualitas kacang kedelai dengan menggunakan input berupa citra digital. Kedelai yang digunakan adalah kedelai kuning yang didapatkan dari salahsatu distributor di Kota Bandung. Proses pertama yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah akuisisi citra, yakni pengumpulan beberapa citra digital dari masing-masing kualitas kacang kedelai yang akan dijadikan sebagai objek. Selanjutnya dilakukan proses pre-processing, perubahan menjadi citra grayscale. Pada proses ekstraksi ciri menggunakan metode Gray-Level Co-Occurrence Matrix (GLCM) untuk mendapatkan data ciri dari seluruh citra digital, dan akan diklasifikasikan menggunakan metode Desicion Tree. Pada hasil pengujian, tingkat akurasi yang diperoleh dari ekstraksi ciri data uji menggunakan Metode GLCM menggunakan klasifikasi Decision Tree menghasilkan nilai 95% untuk data citra menggunakan kamera 1 dan 90% untuk data citra menggunakan kamera 2. Akurasi tertinggi sebesar 95.833 dengan waktu komputasi 2.643 detik didapat dari data citra kamera 1 dengan jumlah data latih 96 citra (80%), data uji 24 citra (20%), dengan jarak piksel = 1 dan menggunakan sudut (0º,45º,90º, dan 135º).

Full Text:

PDF

References


Erliana Ginting dan I K. Tastra, “Standar Kualitas Biji Kedelai”, [Online].Available:http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id [Diakses 25 Agustus 2019].

Rahayu, Sri dkk “Studi Identifikasi Ketahanan Pangan & Preferensi Konsumen Terhadap Konsumsi Bahan Pangan Pokok”, [Online]. Available: http://perpustakaan.bappenas.go.id [Diakses 25 Agustus 2019].

Gonzales R. C., dan Woods, R. E. “Digital Image Processing”, 3rd ed,

Prentice Hall: Upper Sadle River, New Jersey, USA. (2008).

Cahyanti, Margi. “Algoritma Transformasi Ruang Warna”. (2010).

Bellyn Mey Cendy, “Analisis Perancangan Produk Long Leg Braces Dengan Pendekatan Kansei Words Dan Biomekanika”. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri Teknik Industri, Universitas Brawijaya, Jakarta, (2016)

Anggraini, Reni. “Klasifikasi Jenis Kualitas Keju Dengan Menggunakan Metode Gray Level Co-occurrence Matrix (GLCM) Dan Support Vector Machine (SVM) Pada Citra Digital”. Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro. Universitas Telkom. (2017)

Idestio, Barsyah Dwi. “Alternatif Pengukuran Luas Lubang Jalan Berbasis Data Video Menerapkan Threshold-based Marking dan GLCM”. (2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp