Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle

Harry Dhika, Fitriana Destiawati, Surajiyo Surajiyo, Musa Jaya

Abstract


Learning management system merupakan perkembangan teknologi yang dapat digunakan sebagai metode pembelajaran baru dalam menghadapi revolusi industri 4.0, yang dikhusukan untuk mengelola media pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan yang biasa disebut dengan e-learning. Integrasi sistem harus tersinkron dengan mobile computing yang mengharuskan sekolah menggunakan e-learning dalam implementasi media pembelajaran. Pada kajian ini implementasi learning management system dalam media pembelajaran menggunakan moodle dapat relevan dengan konsep penerapan e-learning yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan teknologi khususnya pada perkembangan revolusi industri 4.0 sekarang ini. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman dalam metode pembelajaran baru yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang dikhusukan adalah e-learning berbasis moodle, sebagai upaya pengembangan metode pembelajaran yang dapat digunakan sekolah di Indonesia, dengan mengetahui implementasinya diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan e-learning berbasis moodle pada sistem pembelajaran saat ini.

Full Text:

PDF

References


M. Ouadoud, M. Y. Chkouri, And A. Nejjari, “Learning Management System And The Underlying Learning Theories: Towards A New Modeling Of An Lms,” Int. J. Inf. Sci. Technol. - Ijist, Vol. 2, No. 1, Pp. 25–33, 2018.

P. C. De Oliveira, C. J. C. De A. Cunha, And M. K. Nakayama, “Learning Management Systems (LMS) And E-Learning Management: An Integrative Review And Research Agenda,” J. Inf. Syst. Technol. Manag., Vol. 13, No. 2, Pp. 157–180, 2016.

A. P. Sari And A. Setiawan, “International Journal Of Active Learning The Development Of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach,” Int. J. Act. Learn. Vol. 3, No. 2, Pp. 100–109, 2018.

B. Šumak, M. Heričko, M. Pušnik, And G. Polančič, “Factors Affecting Acceptance And Use Of Moodle: An Empirical Study Based On Tam, Inform., Vol. 35, No. 1, Pp. 91–100, 2011.

G. Kakasevski, M. Mihajlov, S. Arsenovski, And S. Chungurski, “Evaluating Usability In Learning Management System Moodle,” Proc. Int. Conf. Inf. Technol. Interfaces, ITI, No. May 2014, Pp. 613–618, 2008.

V. Caputi And A. Garrido, “Student-Oriented Planning Of E-Learning Contents For Moodle,” J. Netw. Comput. Appl., Vol. 53, Pp. 115–127, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp