Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Volume Pemakaian Air Pt. Sarana Catur Tirta Kelola Serang Banten Dengan Metode Backpropagation

Rina Agustina Purba, Eka Irawan, Rahmat W Sembiring

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pemakaian air pada setiap industri dengan prediksi pemakaian air dibulan yang akan datang agar lebih efektif dan efesien di kota Serang Banten kebeberapa industri mendapatkan hasil prediksi yang tepat untuk volume pemakaian air di PT. SCTK Serang Banten. Metode yang digunakan adalah Jaringan Saraf Tiruan BackProgation. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Data volume air dan jumlah pelanggan industri setiap bulan PT. SCTK Serang Banten. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dengan bagian distribusi PT. Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) Serang Banten. Penelitian ini menggunakan data mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 untuk memprediksi pemakaian air yang disalurkan kebeberapa Industri di kota Serang Banten. Berdasarkan data yang diperoleh kebutuhan rata – rata setiap industri sebesar m3 /bulan atau setara dengan m3 /tahun. Prediksi meliputi karakteristik industri yang memanfaatkan air limbah yang dilihat dari jenisnya, jumlah industri, volume kebutuhan, pompa yang dioperasikan, bahan kimia, kualitas air baku, kualitas air produksi, ketersediaan air dan pemakaian air baku (m3). Mempredikisi pemakaian air di bulan yang akan datang sehingga menjadi dasar pertimbangan dan perencanaan yang efektif dan efesien bagi perusahaan misalnya dalam penambahan volume air produksi dan penambahan sumber air baku sehingga kebutuhan air bersih untuk industri dapat terpenuhi dengan optimal.

Full Text:

PDF

References


A. F. Setiawan dan A. K. Agung, “Klasifikasi Pola Sidik Jari Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Untuk Analisa Karakteristik Seseorang,” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, hal. 215–224, 2016.

B. Anwar, “Penerapan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dalam Memprediksi Tingkat Suku Bunga Bank,” J. SAINTIKOM, vol. 10, no. 2, hal. 1–7, 2011.

M. Amadea, “Prediksi Produk Debit Air Minum Per Bulan dengan Jaringan Syaraf Tiruan Bacpropagation(Studi Kasus: PDAM Tirta Moedal Semarang),” J. JOINS Udinus, hal. 18–26, 2016.

Y. Andrian dan P. H. Putra, “Analisis Penambahan Momentum Pada Proses Prediksi Curah Hujan Kota Medan Menggunakan Metode,” hal. 165–172, 2014.

A. Sudarsono, “Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode,” Media Infotama, vol. 12, no. 1, hal. 61–69, 2016.

A. Septiarini dan N. Sya’baniah, “Sistem Peramalan Jumlah Produksi Air PDAM Samarinda Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Anindita,” J. EKSPONENSIAL, vol. 3, hal. 43–48, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp