Analisis Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan UD. Bakery Garden

Tria Apriani, Solikhun Solikhun, Dedi Suhendro, Poningsih Poningsih, Widodo Saputra

Abstract


UD. Bakery Garden adalah sebuah tempat yang memproduksi dan menjual makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan dipanggang. UD. Bakery Garden memproduksi berbagai jenis roti setiap harinya dengan menggunakan bahan baku dan bahan tambahan, mesin, peralatan dan tenaga kerja yang telah baku. Selain harganya ekonomis UD. Bakery Garden selalu memproduksi roti yang masih hangat. Didalam sistem penjualan UD. Bakery Garden biasanya memiliki data transaksi penjualan yang cukup besar jumlah nya, dibutuhkan suatu teknis analisis yang dapat digunakan untuk menentukan apa manfaat dari data transaksi tersebut di kemudian hari. Data tarnsaksi yang telah diolah dapat menjadi referensi bagi pemasaran untuk dapat mengetahui teknik pasar. Proses data mining yang telah dilakukan adalah dengan cara mengekstrasi data melalui analisi sekumpulan data yang besar dan kemudian mengambil inti dari arti sebuah data. Algoritma Apriori digunakan sebagai suatu proses untuk menemukan semua aturan yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence selain itu algoritma apriori juga dapat diimplementasikan pada sistem transaksi penjualan .Hasil dari associotion yang berupa informasi mengenai barang apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan strategi pemasaran.

Full Text:

PDF

References


C.T.I, B. R., & Al, E. (2017). Implemetasi k-means clustering pada rapidminer untuk analisis daerah rawan kecelakaan, (April).

Hidayat, A. Z. (2017). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN “ DAPOER EMAK ” PATI.

Listriani, D., & Dkk. (2016). PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ), 9(2), 120–127.

Qomariah, S., & Ekawati, H. (2020). IMPLEMENTASI METODE DATA MINING APRIORI PADA, 17(1), 329–338.

Saputra, R. (2017). APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI ( Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang ), (April 2013). http://doi.org/10.14710/jmasif.4.7.1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp