Linear Programming Metode Simpleks Dalam Optimasi Keuntungan Produksi Makanan Ringan

Tri Aningke, Dedy Hartama, Sundari Retno Andani, Solikhun Solikhun, Jaya Tata Hardinata

Abstract


Salah satu masalah yang dihadapi Home Industry Sri Bayu adalah menentukan jumlah produksi yang optimum sehingga memperoleh keuntugan yang maksimum. Masalah optimasi produksi Home Industry Sri Bayu adalah menentukan keuntungan maksimum dari empat jenis produk yang dihasilkan yaitu Keripik Tempe, Keripik Terong, Abon Pepaya dan Kerupuk Udang. Data penelitian ini bersumber dari data produksi Home Industri Sri Bayu Huta III Silau Manik. Variabel yang digunakan adalah 10 Kendala (Constraint) yaitu Kacang Kedelai, Ragi, Tepung Beras, Tepung Tapioka, Tepung Terigu, Bawang Putih, Udang Halus, Terong, Pepaya dan Minyak Sayur berserta 4 Fungsi tujuan (Coef) yaitu Keripik tempe (X1), Keripik Terong (X2), Abon Pepaya (X3) dan Kerupuk Udang (X4). Masalah ini dapat diselesaikan dengan menerapkan linear programing. Linear Programming merupakan salah satu cara dalam menyelesaikan masalah optimasi produksi. Dengan pemecahan masalah menggunakan metode Simpleks secara manual dan menggunakan LINDO maka diperoleh hasil keuntungan maksimum yaitu sebesar Rp 1.098.300 setiap satu kali produksi dari kombinasi jumlah produksi Keripik Tempe, Keripik Terong, Abon Pepaya dan Kerupuk Udang.

Full Text:

PDF

References


D. Syaifuddin T, RISET OPERASI (Aplikasi Quantitative Analysis for Management), 1st ed. Malang: PENERBIT PERCETAKAN CV CITRA MALANG, 2011.

N. Luh and G. Pivin, “Penerapan Metode Simpleks Untuk Optimalisasi Produksi Pada UKM Gerabah,” Konf. Nas. Sist. Inform., vol. 3, pp. 208–213, 2017.

et al Firmansyah, “PENGOPTIMALAN KEUNTUNGAN BADAN USAHA KARYA TANI DI DELI SERDANG DENGAN METODE SIMPLEKS,” vol. 3, no. 1, pp. 430–439, 2018.

Siswanto, Operations Research Jilid 1, Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.

S. Rosita, “PENGURAIAN KESAMAAN PADA METODE SIMPLEKS DALAM PENYESESAIAN PEMOGRAMAN LINEAR,” vol. XIII, no. 8, pp. 30–38, 2019.

Siringoringo, Seri Teknik Riset Operasional Pemogaman Linear. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Haming and E. Al, OPERATION RESEARCH Teknik Pengambilan Keputusan Optimal. Jakata: Penerbit PT Bumi Aksara, 2017.

R. Haslan and Dkk, “Optimalisasi Produksi Kopi Bubuk Asli Lampung Dengan Metode Simpleks,” J. Mat., vol. 17, no. 2, pp. 25–34, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp