Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Akuisisi Data Kualitas Air Danau Berbasis Internet of Thing

Herdianto Herdianto, Syahril Efendi, Hafni Hafni

Abstract


Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak danau baik yang terbentuk karena aktivitas tektonik, vulkanik maupun buatan. Selain digunakan sebagai tempat wisata, danau-danau di Indonesia juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat tidak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga sebagai tempat budidaya ikan dengan keramba jaring apung (KJA) dan persawahan yang mengalir. Namun seiring berjalannya waktu, budidaya ikan menggunakan keramba jaring apung menghadapi kendala yaitu kematian ikan massal yang bisa mencapai puluhan ton sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar. Kematian massal ikan di KJA disebabkan oleh beberapa faktor seperti rendahnya kadar oksigen di dalam air, banyaknya partikel sisa pakan, keasaman (pH) air dan kejernihan air, perubahan suhu. Untuk mencegah kematian massal ikan di KJA, dirancang sistem pemantauan dan akuisisi data kualitas air danau. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pemantauan dan pendataan kualitas air danau dengan parameter yang dipantau yaitu tingkat kekeruhan air, suhu, keasaman (pH), oksigen terlarut (DO) dan salinitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi demonstrasi dengan langkah penelitian antara lain menganalisis bagian-bagian sistem informasi dan pemantauan kualitas air danau, merancang skema rangkaian, menerapkan skema rangkaian, menguji implementasi skema rangkaian, merancang program sistem dan menguji sistem secara keseluruhan. Sistem yang dirancang masih pada tahap perancangan dan simulasi belum sampai pada tahap implementasi sehingga belum ada hasil percobaan laboratorium.


References


E. E. Prasetia, “Kematian Ikan Secara Massal Di Danau Toba: Penyebab Dan Antisipasinya,” Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan, 2016. http://bp2ksi.litbang.kkp.go.id/index.php/8-halaman-depan/49-kematian-ikan-secara-massal-di-danau-toba-penyebab-dan-antisipasinya (accessed Mar. 02, 2022).

N. Maarif, “Penjelasan Ilmiah KKP soal Fenomena Kematian Ikan Massal di Maluku Utara,” DetikNews, 2020. https://news.detik.com/berita/d-4917879/penjelasan-ilmiah-kkp-soal-fenomena-kematian-ikan-massal-di-maluku-utara (accessed Mar. 02, 2022).

M. R. A. Putri, S. T. Hartati, and F. Satria, “Kematian Massal Ikan Dan Sebaran Parameter Kualitas Air Di Teluk Jakarta,” BAWAL Widya Ris. Perikan. Tangkap, vol. 8, no. 2, p. 77, 2017, doi: 10.15578/bawal.8.2.2016.77-90.

Priyo Suharsono Sulaiman; Puput Fitri Rachmawati; Reny Puspasari; Ngurah N. Wiadnyana, “the Efforts on Prevention and Countermeasures of Fish Mass,” J. Kebijak. Perikan. Indones., vol. 12, no. November, pp. 59–73, 2020.

F. Tirta Kirana dan Suryono, “Rancang Bangun Sistemmonitoring Kadar Salinitas Air Menggunakan Wireless Sensor Systems (Wss),” Youngster Phys. J., vol. 5, no. 4, pp. 227–234, 2016.

M. S. Oktavian, A. Budiyanto, D. Farahiyah, and H. H. Triharminto, “Rancang Bangun Sistem Pengendalian dan Monitoring di Tambak Udang,” vol. 1, no. 1, pp. 183–194, 2019.

D. E. J. Sudirman and N. A. Hidayatullah, “Aplikasi Sistem Monitoring Kualitas Air Danau Sebagai Mitigasi Kebencanaan Berbasis Iot,” J. Poli-Teknologi, vol. 18, no. 2, 2019, doi: 10.32722/pt.v18i2.1440.

M. Ega Pahlawi and E. Kurniawan, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kualitas Ph Air Keramba Ikan Berbasis Arduino Di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo,” komputek, 2020, [Online]. Available: http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/komputek

W. DEWANTORO and M. B. Ulum, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Hias Air Tawar Berbasis Iot (Internet of Things),” J. Komputasi, vol. 9, no. 2, pp. 67–75, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/komputasi/article/view/2858




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp