Pengenalan Kondisi Tanah Dengan Raspberry Pi Pada Drone Penyemprot Tanaman

Aula Nur Rizal Ardiyantoro, Dony Susandi

Abstract


Pada masa sekarang kemajuan teknologi berlangsung dengan sangat pesat. Kondisi ini menjadikan kebutuhan manusia dapat diringankan dengan menggunakan peralatan teknologi. Komputer sebagai sarana informasi yang sangat baik digunakan untuk pengolahan data. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data dapat membantu manusia dalam kegiatannya. Teknologi pemetaan dengan menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau tanpa awak yang populer dengan sebutan drone dapat menjadi pilihan alternatif. Inovasi tersebut dapat disandingkan dengan inovasi lainnya dalam bidang pemetaan seperti pemetaan berbasis satelit, pemotretan udara skala besar lainnya.Salah satu teknologi yang saat ini berkembang adalah komputer vision adalah bidang kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan komputer dan sistem untuk memperoleh informasi. Sistem deteksi warna tanah tersebut dirancang menggunakan metode prototyping dengan menggunakan kamera ESP32-CAM sebagai kamera dan Raspberry Pi 3B sebagai pemrosesan data dari ESP32-CAM. Sistem ini diintegrasikan dengan kamera OV2640 yang berfungsi untuk menangkap gambar dari ketinggian. Selain itu sistem ini menggunakan Desktop Application sebagai media untuk memproses data dari kamera ESP32-CAM melalui jaringan internet. Cara kerja sistem deteksi warna tanah ini yaitu kamera ESP32-CAM dipasangkan di drone lalu dihubungkan melalui jaringan internet. Raspberry Pi akan menerima data dari ESP32-CAM untuk diproses data dari kamera OV2640 untuk mengetahui apakah tanah kekurangan air atau tidak. Pengidentifikasian tanah menggunakan Desktop Application.


References


I. Arham, S. Sjaf, and D. Darusman, “Strategi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Pedesaan Berbasis Citra Drone (Studi Kasus Desa Sukadamai Kabupaten Bogor),” J. Ilmu Lingkung., vol. 17, no. 2, p. 245, 2019, doi: 10.14710/jil.17.2.245-255.

“What is Computer Vision? | IBM.” https://www.ibm.com/id-en/topics/computer-vision (accessed Jun. 21, 2022).

M. G. Yoedtadi, “PENGGUNAAN DRONE PADA PELIPUTAN BERITA TELEVISI (Perspektif Wartawan Televisi Terhadap Etika Peliputan Menggunakan Drone),” J. Muara Ilmu Sos. Humaniora, dan Seni, vol. 3, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.24912/jmishumsen.v3i1.3531.

Z. Zakaria, “Analisis Kestablitan Lereng,” 2009.

T. Notohadiprawiro, “Tanah dan Lingkungan,” Repro Ilmu Tanah Univ. Gadjah Mada, pp. 1–22, 2006, [Online]. Available: http://faperta.ugm.ac.id

“Mengenal ESP32-Cam dan bagaimana cara menggunakannya - Kursus IoT Arduino Elektronika - Jual Arduino - Jual Kit Arduino - Jasa Arduino - Jasa IoT.” https://indobot.co.id/blog/mengenal-esp32-cam-dan-bagaimana-cara-menggunakannya/ (accessed Jun. 21, 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp