Penerapan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Kebiasan Mencuci Jenis Pakaian

Yanyang Thanri, Safrizal Safrizal

Abstract


Pada saat sekarang ini, tuntutan hidup semakin lama semakin tinggi sehingga menyebabkan sebagian besar suatu keluarga harus bekerja tidak hanya suami bahkan istripun ikut bekerja untuk membantu para suami. Sehingga beberapa pekerjaan rumah tangga menjadi tidak tekerjakan salah satunya dalam pencucian pakaian. Maka pada zaman sekarang ini banyak para pengusaha membuka usaha baru dalam bidang laundry, baik itu laundry coin, laundry kiloan premium maupun laundry satuan. Pada laundry satuan dimana laundry tersebut menghitung pemasukan berdasarkan jenis pakaian yang masuk per pieces sehingga para pengusaha harus mengetahui pola kebiasaan customernya dalam meletakan pakaian untuk dicuci, kebanyakan para pengusaha mengalami kesulitan dalam mengetahui pola tersebut, dengan melihat permasalahan ini maka penelitian ini dibuat yang bertujuan untuk membantu melihat pola kebiasaan dalam mencuci jenis pakaian menggunakan algoritma Apriori agar memudahkan mereka dalam mempersiapkan alat-alat untuk pengerjaannya dan memudahkan mereka memprediksikan omset yang akan mereka dapatkan. Dimana sumber data diperileh dari beberapa riset pada perusahaan laundry. Dalam penelitian ini didapatlah 15 jenis pakaian yang paling sering di laundry yaitu : kaos, kemeja, batik, jas, jaket/sweater, gaun panjang, gaun pendek, celana pendek, celana jeans, celana bahan, rok panjang, mukena, sarung/ sarung mukena, selendang/jilbab, blouse.


References


Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas (Moh.Sholik, Abu Salam, 2018)

Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan (Ariefana Ria Riszky, Mujiono Sadikin, 2019)

Pola pembelian konsumen dan menyusun strategi penjualan menggunkan algoritma apriori berbasis website (Studi Kasus : PT. XYZ) (Mardhiya Hayaty, Wisnu Dwi harianto,2019)

Implementasi Data Mining Penjualan Produk Pakaian dengan Algoritma Apriori (Sanjani,Hasanul Fahmi,Anita Sindar, 2020)

Analisis Pola Pembelian Toys Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Siti Aliyah, 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp