Metode Discrete Wavelet Transform (DWT) Untuk Ektrasi Ciri Peminum Alkohol

Iwan Fitrianto Rahmad, Muhammad Zarlis

Abstract


Penyalahgunaan alkohol dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Permasalahan yang ada saat ini bagaimana mendeteksi sesorang apakah dalam pengaruh minuman keras atau alkohol dengan jumlah yang kecil sehingga saat akan berkendara aman atau tidak terjadi micro sleep yang sangat membahayakan baik diri sendiri ataupun orang disekitarnya. Dengan memanfaatkan analisis data yang sudah ada maka akan memberikan pengetahuan baru, terutama untuk mencegah konsumsi dini menjadi pecandu alkohol.  Dengan menggunaan ektraksi ciri untuk menganalisa data pengkonsumsi alkohol yang dapat mendeteksi sejak awal peminum. Metode yang dapat digunakan adalah metode DWT untuk ekstraksi ciri yang dapat menentukan proses awal data analisa dari pengkonsumsi alkohol. Setelah dilakukan ekstrasi ciri  selanjutkan dilakukan klasifikasi untuk menentukan seseorang dalam kondisi pengaruh alkohol atau tidak

References


R. C. Lantyani, B. T. Husodo, and N. Handayani, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Remaja Terhadap Konsumsi Alkohol Pada Siswa Sma Negeri Di Wilayah Kecamatan Boja,” J. Kesehat. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2020.

M. R. R. Saelan, D. A. Sahputra, W. Widiastuti, and W. Gata, “Komparasi Algoritma Klasifikasi untuk Prediksi Minat Sekolah Tinggi Pelajar pada Students Alcohol Consumption,” J. Sains Dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 120–129, 2020.

N. Sagala and H. Tampubolon, “Komparasi Kinerja Algoritma Data Mining pada Dataset Konsumsi Alkohol Siswa,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 98–103, 2018.

M. A. Pribadi, “Classification of Enchepalo Graph (EEG) Signals for Epilepsy Using Discrete Wavelet Transform and K-Nearest Neighbor Methods,” Procedia Eng. Life Sci., vol. 1, no. 1, 2021.

N. P. O. Harybuana, B. Hidayat, and S. Darana, “Deteksi Kualitas Dan Kesegaran Telur Berdasarkan Deteksi Objek Transparan Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transform Dengan Klasifikasi K-nearest Neighbor,” eProceedings Eng., vol. 4, no. 2, 2017.

S. N. Wibowo, B. Hidayat, and J. Arif, “Identifikasi Jenis Batuan Beku Melihat Bentuk Pola Batuan Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transform (DWT) dan K-Nearest Neighbor (KNN),” e-Proceeding Eng, vol. 4, no. 2, pp. 1677–1684, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp