Model Optimasi Layanan Berbasis Knowledge Management (Studi Kasus: Perusahaan Telekomunikasi Divisi Governance Service Segmen Military & Police Services PT. Telkom)

Deden Rahmawan Sumantri, Muhammad Zarlis

Abstract


Dalam menjalankan operasional bisnis dengan melibatkan berbagai stakeholder sering mengalami kendala dengan sumber daya dan waktu, maka perlu model optimasi pelayanan khususnya proses dan cara mendelivery kontrak berlangganan  sampai diterbitkannya kontrak layanan atau surat perintah kerja kepada anak perusahaan dan mitra terkait. Untuk mencapai hal tersebut indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan pada Divisi Governance Service dan Divisi Service Delivey Assurance (SDA) yang meliputi budaya organisasi, struktur organisasi, sumber daya manusia dan teknologi informasi dalam proses penerbitan kontrak layanan berbasis knowledge management. Dengan penerapan management knowledge dapat mengoptimasi kendala-kendala yang dihadapi dengan memangkas alur, proses dan deteksi dini indicator penambahan waktu, sumber daya untuk setiap proses.  .Untuk mengoptimalkan layanan penerbitan kontrak layanan, direkomendasikan sebuah model Knowledge Management (KM) untuk mengoptimalisasi proses penerbitan Kontrak Layanan (KL) dengan fungsi kendala pada Sumber Daya Manusia, Proses dan Teknologi Informasi sebagai knowledge base (basis pengetahuan) yang tersimpan pada arsip atau database perusahaan yang dipergunakan sebagai manajemen pengetahuan. Algoritma decision tree digunakan untuk melakukan pruning proses dalam meminimize fungsi kendala sekaligus untuk deteksi dini indicator penambahan waktu, sumber daya untuk setiap proses.  

References


A. A. Barata, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. 2003.

B. Setiarso, Penerapan Knowledge Management pada Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

A. H. Gold, A. Malhotra, and A. H. Segars, “Knowledge management: An organizational capabilities perspective,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 18, no. 1, pp. 185–214, 2001, doi: 10.1080/07421222.2001.11045669.

T. A. S. Annette M. Mills, “Knowledge management and organizational performance: a decomposed view,” J. Knowl. Manag., vol. 15, 2011.

Z. U. Hassan, M. Z. Khan, A. Khan, I. Javed, and Z. Hussain, “Effects of individual and combined administration of ochratoxin A and aflatoxin B 1 in tissues and eggs of White Leghorn breeder hens,” J. Sci. Food Agric., vol. 92, no. 7, pp. 1540–1544, 2012, doi: 10.1002/jsfa.4740.

P. R. Botha, R. Meeske, and H. A. Snyman, “Kikuyu over-sown with ryegrass and clover: grazing capacity, milk production and milk composition,” African J. Range Forage Sci., vol. 25, no. 3, pp. 103–110, Nov. 2008, doi: 10.2989/AJRF.2008.25.3.2.599.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp