Implementasi Konsep Computational Thinking pada Kegiatan Pembelajaran di Madratsah Aliyah Al Muslimun NW ,Kebon Kongkok,Gerung,Lombok Barat

Apriani Apriani, Khairan Marzuki, Abdul Muhid, Hairani Hairani

Abstract


Implementasi Konsep Computational Thinking (CT )pada kegiatan pembelajaran di Madrtsah Aliyah Al-Muslimun NW Kebon Kongok,Gerung,Lombok Barat adalah kegiatan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar mampu memahami dan mengimplementasikan computational thinking pada mata pelajaran yang diajarinya. Minimnya tenaga terlatih dan minimnya pemahaman dalam mengimplementasikan computational thinking memberikan kesempatan bagi Biro Bebras untuk berkontribusi. Hal ini sejalan dengan keinginan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk mengimplementasikan pemikiran komputasi dalam kurikulum pendidikan anak sebagai bekal pembelajaran yang lebih inovatif untuk menjawab kebutuhan era industri 5.0. Berpikir komputasi adalah proses berfikir dalam merumuskan masalah dan solusinya sehingga dapat direpresentasikan dalam bentuk yang dapat dieksekusi oleh agen pemroses informasi baik manusia maupun komputer. Pelaksanaan pengabdian dilakukan pada guru mata pelajaran di Madratsah Aliyah Al Muslimun NW Kebon Kongok,Lombok Barat.Tahapan pelaksanaan pelatihan terdiri dari persiapan koordinasi dengan mitra,tahap pelatihan , pembuatan kuisioner awal dan akhir kegiatan,pengisian kuisioner di awal pelatihan,pelatihan Computational Thingking untuk para guru madratsah aliyah dan pengisian kuisioner di akhir kegiatan 


References


Jamil, H. M. (2017). Automated Personalized Assessment of Computational Thinking MOOC Assignments. Proceedings - IEEE 17th International Conference on Advanced Learning Technologies, ICALT 2017, 261–263. https://doi.org/10.1109/ICALT.2017.147

Maharani, S., Kholid, M. N., NicoPradana, L., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Journal of Mathematics Education, 8(2), 109–116.

Tang, X., Yin, Y., Lin, Q., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing computational thinking: A systematic review of empirical studies. Computers and Education, 148(December 2019), 103798. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103798

Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 5(2), 7–10.

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, A., Syukur, A., Hafidhoh, N., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99. https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.51

Tim Olimpiade KOmputer Indonesia.(2017).Tantangan Bebras Indonesia 2017.Bahan Belajar Computational Thinking Tingkat SMP .Diakses dari bebras.or.id

Merdeka Belajar Melalui Computational Thinking dan Gerakan PANDAI. (2020). Universitas Sanata Dharma




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp