Model Pembelajaran Adaptif dan Cerdas Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Relita Buaton, Mesra Betty Yel

Abstract


Seiring dengan visi misi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan perkembangan teknologi digital menjadi sebuah peluang dalam menghasilkan sistem pembelajaran yang adaptif dengan menggunakan teknologi cerdas untuk mempersonalisasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik individu siswa, berbagai teknik untuk mengadaptasi gaya bimbingan belajar agar sesuai dengan gaya belajar siswa dan meningkatkan pembelajaran namun kurang memiliki kemampuan untuk beradaptasi sesuai dengan gaya belajar siswa. Oleh karena itu, sistem bimbingan cerdas telah dikembangkan untuk sistem pendidikan adaptif yang menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan instruksi individual. Dengan mengamati apa yang dilakukan pelajar (apa yang dia baca, hasil yang diperoleh saat assesmen, dan lain-lain), sistem dapat mendapatkan hasil atau rangkuman tentang pengetahuan pengguna sistem harus mengikuti proses pembelajaran untuk memutuskan topik mana dipelajari oleh pengguna, dan  sistem harus mengetahui gaya belajar pengguna, atau aspek lain dari konteks dimana sistem digunakan. Dalam penelitian ini akan berkonsentrasi pada adaptasi terhadap pengetahuan pengguna yang berkembang untuk mencapai profil pelajar Pancasila.


References


D. W. Irsyad Zamjani, Anindito Aditomo, Indah Pratiwi, Lukman Solihin, Ika Hijriani, Bakti Utama, Yogi Anggraena, Nisa Felicia, Saut Maria Simatupang, Feddy Djunaedi, Nya’ Zata Amani, “Program Sekolah Penggerak,” Kementeri. Pendidik. dan Kebud., p. 29, 2021, [Online]. Available: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak.

Kemdikbud RI, “Neraca Pendidikan Daerah,” Kemdikbud RI, no. 76, p. 2021, 2020, [Online]. Available: https://npd.kemdikbud.go.id/.

I. Pratiwi, L. Solihin, G. Atamadiredja, and B. Utama, “Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK dalam Dunia Industri dan Dunia Kerja,” J. Penelit. Kebijak. Pendidik., pp. 1–8, 2020.

J. Muangprathub, V. Boonjing, and K. Chamnongthai, “Learning recommendation with formal concept analysis for intelligent tutoring system,” Heliyon, vol. 6, no. 10, 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05227.

A. Klašnja-Milićević, B. Vesin, M. Ivanović, and Z. Budimac, “E-Learning personalization based on hybrid recommendation strategy and learning style identification,” Comput. Educ., vol. 56, no. 3, pp. 885–899, 2011, doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.11.001.

R. Kuo, C. K. Hsu, M. Chang, and J. S. Heh, “A personalized webpage reconstructor based on concept lattice and association rules,” J. Internet Technol., vol. 12, no. 6, pp. 1015–1024, 2011.

D. Yadav, A. R. Salman, M. Goyal, and A. Choubey, “E-learning: Current State of Art and Future Prospects Related papers T he Use of Int elligent Tut oring Syst em for Developing Web-based Learning Communit ies E-learning: Current State of Art and Future Prospects,” 2012, [Online]. Available: www.IJCSI.org.

G. Weber and P. Brusilovsky, “ELM-ART : An Adaptive Versatile System for Web-based Instruction,” Int. J. Artif. Intell. Educ., vol. 12, no. 4, pp. 351–384, 2001, [Online]. Available: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.91.2520&rep=rep1&type=pdf.

P. De Bra, P. Brusilovsky, and G.-J. Houben, “Adaptive hypermedia,” ACM Comput. Surv., vol. 31, no. 4es, p. 12, 1999, doi: 10.1145/345966.345996.

B. S. Bloom, “The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring,” Educ. Res., vol. 13, no. 6, 1984, doi: 10.3102/0013189X013006004.

D. Whitfield, “Handbook of human-computer interaction,” Displays, vol. 11, no. 2, 1990, doi: 10.1016/0141-9382(90)90110-f.

D. Auguste, “Intelligent tutoring systems. D. Sleeman and J.S. Brown, (Academic Press, New York, 1982); 345 pages, $39.50,” Artificial Intelligence, vol. 26, no. 2. 1985, doi: 10.1016/0004-3702(85)90033-5.

J. R. Anderson and C. J. Lebiere, The Atomic Components of Thought. 2014.

S. et. a. Sufyadi, “Panduan Pembelajaran dan Asesmen,” p. 76, 2021.

L. Johnson, “Valente (March 2008) Tactical Language and Culture Training Systems: Using Artificial Intelligence to Teach Foreign Languages and Cultures,” 2008.

M. del P. P. Ruiz, M. J. F. Díaz, F. O. Soler, and J. R. P. Pérez, “Adaptation in current e-learning systems,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 30, no. 1–2, pp. 62–70, 2008, doi: 10.1016/j.csi.2007.07.006.

A. Keleş, R. Ocak, A. Keleş, and A. Gülcü, “ZOSMAT: Web-based intelligent tutoring system for teaching–learning process,” Expert Syst. Appl., vol. 36, no. 2, Part 1, pp. 1229–1239, 2009, doi: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2007.11.064.

Y. Akbulut and C. S. Cardak, “Adaptive educational hypermedia accommodating learning styles: A content analysis of publications from 2000 to 2011,” Comput. Educ., vol. 58, no. 2, pp. 835–842, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp