Hakikat Filsafat Dalam Ilmu Informasi Security (Keamanan Informasi)

Dara Sawitri, Muhammad Zarlis, Syahril Efendi

Abstract


Penggunaan teknologi informasi telah banyak membantu manusia keluar dari berbagai permasalahan yang ada. Pesatnya perkembangan teknologi informasi adalah buah hasil pemikirin manusia sebagai makluk berfikir. Manusia menghasilkan pemikiran keilmuan dalam rangka mengembangkan pengetahuan yang membantu manusia keluar dari berbagai macam permasalahannya. Filsafat merupakan sebuah pemikiran yang universal, menyeluruh, dan mendasar, sementara ilmu lainnya lebih merupakan pemikiran yang lebih spesifik atau khusus. Dalam filsafat, informasi security dianggap sebagai milik objek material dan proses untuk melestarikan dan menghasilkan keadaan tertentu, yang dalam berbagai bentuk energi material dapat ditransfer dari satu objek ke objek lain. Informasi Security didefinisikan dengan cara yang berbeda oleh ilmu yang berbeda. Filsafat ilmu telah mendorong manusia untuk menggali pengetahuan di bidang ilmu komputer khususnya didalam informasi security.

References


Watloly.A. “Hakikat filsafat ilmu dalam pengetahuan ilmu” bahan ajar pertemuan ke - 4, 30 maret 2020.

S. H. S Rahman Ginting, filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan. USU Press 2008.

Suedi “Pengantar Filsafat ilmu” penerbit IPB Press, 2008.

Suriasumantri, Jujun S. ‘Filsafat Ilmu sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka sinar harapan. 2007.

William Stallings and Lawrie Brown “Computer Security Strategy, Computer Security Principle and Practice “Global Edition, pp. 24 -39, United Kingdom, 2018.

Bahtiar. A. “Filsafat ilmu” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

David Kim and Michael G Solomon “Fundamentals of Information System Security, Tenets of Information System Security” Third Edition, pp. 16 -17, United States of America, 2018.

Budi Raharjo “keamanan informasi” PT Insan Indonesia. Bandung, 2017

Peter denning, et al, “Computing as a discipline Communications of ACM, 32,1 Januari; 9-23 1989. IEE Computer Society (IEE CS). http ://computer.org

A Susanto, Filsafat Ilmu: sesuatu kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis, Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

Budi, F. Hardiman, Pemikiran-Pemikiran yang Membentuk Dunia Modern, Jakarta: Erlangga, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp