Perancangan Aplikasi E-Commerce Ukm Kota Pari Berbasis

Muhammad Muttaqin, Supina Batubara

Abstract


Tren pemasaran beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online). Aplikasi E-Commerce bagi para pelaku usaha yaitu dapat memasarkan produknya dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Fokus masalah yang diangkat, yaitu: (1) bagaimana merancang Aplikasi E-Commerce berbasis Woocommerce. (2) Bagaimana mengimplementasikan Aplikasi E-Commerce bagi masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Desa Kota Pari. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai Perancangan Aplikasi E- Commerce Berbasis Woocommerce Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Desa Kota Pari kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan grounded theory yang memberikan pengembangan terhadap bidang kajian penelitian. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi trend pemasaran terpadu yang dikombinasikan dengan teknk Woocommerce. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa melalui Aplikasi E- Commerce pelaku usaha dapat menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast respond (cepat tanggap). Manfaat implementasi Aplikasi E-Commerce berkaitan dengan trend pemasaran 4P (product, price, place, dan promotion). Saran bagi pelaku UKM Desa Kota Pari harus tetap memperbaharui trend pemasaran, baik konvensional maupun digital dengan konsisten, terutama mengenai Aplikasi E- Commerce bisa dikembangkan lagi dalam pengelolaannya, karena selama ini masih dimanajemen sendiri oleh masing-masing pelaku usaha.


References


Gata, Windu dan Gata, Grace (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java (Ed). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mulyadi (2016). Sistem Akuntansi (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Munawar (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Ed). Bandung: Informatika.

Parwanti, Widada B., Nugroho D. (2014). Sistem Komputerisasi Pengolahan Nilai Raport Secara Multiuser Pada SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal TIKomSiN, 2 (1),1-6. Diakses dari http://p3m.sinus.ac.id

Rusli, N Faisal, Muin (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Sma Negeri 18 Halmahera Selatan Sebagai Media Promosi Berbasis Web. 2 (2), 91-103. Diakses dari: http://ijiswiratama.org

Sulihati, Andriyani (2016). Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa. Jurnal Sains dan Teknologi Utama, 11 (1), 15-26. Diakses dari http://ejournal.jagakarsa.ac.id

Sutabri, Tata (2012). Analisis Sistem Informasi (Ed). Yogyakarta: Andi Offset Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi: doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM)

Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN: 2614-6711.

Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN: 978-602-17225-4-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp