Aplikasi Ujian Online Selama Pandemi Persiapan Ujian Nasional

Suheri Suheri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang sebuah website yang merupakan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap ilmu pendidikan di masa pandemi saat ini maka dibutuhkan sebuah teknologi yang dapat menunjang jalannya pembelajaran dan ujian. Salah satunya tentang teknologi Aplikasi Persiapan Ujian Menggunakan Metode Acak Berbasis Web di SMA Negeri 1 Pantai Cermin . Ujian sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah menyelesaikan satu atau lebih kompetensi dasar. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, analisis sistem dan perancangan perangkat lunak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi kepustakaan. Metode analisis dan perancangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan perancangan sistem antar muka pengguna. Aplikasi dibuat pada dua sisi yaitu aplikasi admin dan aplikasi pengguna. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah PHP dan untuk server menggunakan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis website ujian online untuk persiapan ujian nasional dan menggunakan metode random yang nantinya dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penerapan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam proses pengerjaan soal-soal latihan ujian secara komputerisasi dan dapat langsung melihat hasil ujian dengan cepat.


References


Abdul Kadir, 2014. “Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php”, Andi, Yogjakarta.

Andri Kristanto, 2015. “Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya” Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Herlawati, 2011, “Menggunakan Uml” Penerbit Informatika, Bandung.

Jogiyanto, Hm, 2016, “Analisis &Desain Sistem Informasi: Pendekatanterstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis”, Andi Offset, Yogyakarta.

Roger S. Pressman, Ph. D, 2012, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7 (Bukudua), C.V. Andi Offset, Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20015 Tentang Sistem Pendidikan, Lampiran Permendiknas No 20 Tahun 2007 Halaman 1, A. Pengertian, Point 6, Lampiran Permendiknas No 20 Tahun 2007 Halaman 15, D. Mekanisme Dan Prosedur Penilaian, Point 15

Dwi Wargo Catur, 2016, Sistem Informasi Computer Based Test Pada Ujian Dinas Badan Kepegawaian Daerah Wonogiri, Tugas Akhirskripsi, Program Studi Sistem Informasi, Stmik Sinar Nusantara, Surakarta.

Wildan Setyo Pribadi, 2014, Mobile Computer Based Test Menggunakan Metode Item Response Theory Untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Tugas Akhir Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Januari 2016, Perancangan Aplikasi Computer Based Test (Cbt) Berbasis Web (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kuta-Badung), Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, Volume 2, Nomor 1, Halaman 165-177.

Febrianto, 2016, Pengembangan Sistem Ujian Online Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Sekolah Menengah Kejuruan Yogyakarta, Tugas Akhir Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universita Negeri Yogyakarta.

Didik Kurniawan, Rico Andrian, 2014, Pengembangan Sistem Ujian Online Sekolah, Jurnal Komputasi Fak.Mipa Unila, Volume 2, No.2,

Nurhidayah, Sri Nurul Annisa Ilyas, 2018, Perancangan Aplikasi Ujian Akhir Semester Online Berbasis Web (Studi Kasus: Stmik Dipanegara Makassar), Tugas Akhir Skripsi Jurusan Teknik Informatika Stmik Dipanegara Makassar.

Ardhana, Ym Kusuma, 2012, Menyelesaikan Website 30 Juta! Jasakom Jakarta.

Asropudin Pipin, 2013. Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu

Edy Winarno, Ali Zaki, Smithdev. 2014. Pemrograman Web Berbasis Html5, Php, Dan Javascript. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamil, Mubashrah , And Tariq, Rh, And Shami , Pa 2012. Berbasis Komputer Vs. Ujian Berbasis Kertas: Persepsi Guru Universitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Online Turki -Oktober 2012, Volume 11 Edisi 4.

Kendall, Ke & Kendall, Je. 2011. Analisis Dan Perancangan Sistem ( Edisi 8). New Jersey: Pendidikan Pearson.

Madcom . 2013. Cepat & Mudah Membangun Sistem Jaringan . Yogyakarta: Cv Andi Offset

Nidhra, Srinivas & Jagruthi Dondeti. 2012. Black Box And White Box TestingTechniques –A Literature Review. Internasional Journal Of Embedded System And Applications (Ijesa) Vol.2, No.2.

Sukamto, Rosa A. Dan M. Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat LunakTerstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. 2012. Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi

Taufiq, Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen.Yogyakarta: Graha Ilmu

Widya.Woro. 2010. Aplikasi Pemograman Web Dinamis Dengan Php Dan Mysql. Yogyakarta: Gavamedias




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp