Analisis Ancaman Sniffing pada Jaringan WiFi di PT. Stepa Wirausaha Adiguna

Riad Sahara, Syahid Abdullah, Rudi Saputra

Abstract


Internet merupakan salah satu teknologi yang paling populer di masa sekarang ini, teknologi ini banyak digunakan diberbagai macam bidang seperti pendidikan, kesehatan, hiburan dan juga pekerjaan. Hampir bisa dikatakan segala aspek kehidupan menggunakan teknologi yang satu ini. Namun sebagai salah satu teknologi yang populer, internet memiliki kelemahan seperti sangat rentan terhadap serangan yang dilakukan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab dan itu dapat terjadi karena komunikasi yang berlangsung sangat terbuka. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah dengan mengunakan jaringan kabel dan Wireless. Keamanan dalam menggunakan jaringan LAN dan Wireless sering kali dianggap sebagian orang sebagai sesuatu yang kurang penting. Banyak orang orang yang mengabaikan akan hal yang satu ini. Tanpa disadari bahwa aktivitas ini sering terjadinya tindak kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian yang dilakukan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan serangan sniffing pada jaringan WiFi, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran akan keamanan jaringan internet sangat penting bagi siapa saja dan dimana saja.


References


P. K. D. Cahya, W. A. Priyono And G. Asmungi, "Perancangan Jaringan Local Area Network (Lan) Untuk Layanan Video Conference Dengan Standar Wifi 802.11g," Jurnal Mahasiswa Teub, Vol. 3, No. 1, 2015.

M. A. Abdillah, A. Yudhana And A. Fadil, "Sniffing Pada Jaringan Wifi Berbasis Protokol 802.1x Menggunakan Aplikasi Wireshark," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti), Vol. 4, No. 1, Pp. 1-8, Maret 2020.

A. N. Ihsana And A. Maslan, "Analisis Keamanan Jaringan Dari Serangan Paket Data Sniffing Di Pt Raden Syaid Kantor Pos Piayu Kota Batam," Jurnal Comasie, Vol. 3, No. 5, Pp. 107-117, Desember 2020.

I. Firdaus, J. Al Amien And Soni, "String Matching Untuk Mendeteksi Serangan Sniffing (Arp Spoofing) Pada Ids Snort," Jurnal Computer Science And Information Technology (Coscitech), Vol. 1, No. 2, Pp. 44-49, Oktober 2020.

M. T. Hidayat, F. M. Sn And N. I. Kurniati, "Analisis Keamanan Jaringan Pada Fasilitas Internet (Wifi) Gratis Terhadap Serangan Packet Sniffing.," Sais| Scientific Articles Of Informatics Students, Vol. 1, No. 2, Pp. 112-119, 2018.

Susanto, B. A. Pramono And S. Handayani, "Analisis Sniffing Password Menggunakan Aplikasi Cain Dan Abel Pada Jaringan Wifi Universitas Semarang," Jurnal Transformatika, Vol. 16, No. 1, Pp. 67-73, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v4i2.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp