Perbandingan Hasil Belajar Siswa melalui Tugas Rumah yang Dikerjakan kembali didepan Kelas dengan Tugas Rumah Dikuiskan Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP N 12 Tebo

Haryanti Haryanti, Yulia Wiji Astika, Delvita Juniarsih

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif digunakan untuk mengerjakan tugas rumah siswa kelas VIII di SMP N 12 Tebo melalui tugas rumah yang dikerjakan didepan kelas atau tugas rumah yang dikuiskan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 12 Tebo kelas VIIIA, VIIB, VIII C dengan jumlah siswa 108 orang. Pengambilan sampel secara random yang pertama yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen 1 yang tugas rumahnya dikerjakan kembali didepan kelas, kemudian yang kedua klas VIIIC sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang tugas rumahnya dikuiskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen yang mempaktekkan secara langsung di lapangan dan melihat langsung keadaan yang terjadi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas VIIIB dan VIIIC adalah 64,61 dan 58,03 dengan simpangan baku masing-masing 10,63 dan 15,62 dan dari perhitungan dengan menggnakan uji perbedaan rata-rata didapatkan ttabel dengan taraf nyata α=0,05 adalah t(0,95)(72) = 1,668 dan thitung =2,11 sehingga thitung >ttabel. Dengan demikian Hi diterima “hasil belajar siswa yang tugas rumahnya dikerjakan kembali didepan kelas lebih baik dibandingkan siswa yang tugas rumahnya dikuiskan”.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 1986. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Sardiman, A. M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofyatiningrum, Etty. 2001. Pengaruh Umpan Balik Guru Terhadap Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SLTP Muhammadiyah 22 Pamulang (studi kasus). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.030 – Juli 2001. Jakarta : Depdikbud.

Sudjana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


&nbsp