Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting bagi siswa yang mempunyai peran cukup besar dalam dunia pendidikan. Kemampuan pemahaman matematika dapat mencapai tujuan pembelajarannya apabila dapat memahami konsep dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan konsep pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. Dalam dunia pendidikan matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Banyaknya rumus dan konsep yang harus dipahami, membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan persoalan pada materi yang ada. Sumber data diperoleh dari hasil kusioner pemahaman matematika siswa SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Algoritma C4.5 dan dibantu dengan software RapidMiner. Atribut yang digunakan yaitu minat siswa, cara belajar siswa, pengetahuan siswa, cara mengajar guru, media pembelajaran, dan sarana prasarana.
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Hikmatulloh, H., Rahmawati, A., Wintana, D., & Ambarsari, D. A. (2019). Penerapan Algoritma Iterative Dichotomiser Three (Id3) Dalam Mendiagnosa Kesehatan Kehamilan. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 116. https://doi.org/10.20527/klik.v6i2.189
Hts, D. I. G. (2018). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penerimaan Siswa Baru Pada SMA Al-Azhar Medan. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(2), 130. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i2.76
Irnanda, K. F., & Windarto, A. P. (2020). Penerapan Klasifikasi C4.5 Dalam Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Inggris dalam Masyarakat. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 304–308.
Kastawan, P. W., Wiharta, D. M., & Sudarma, M. (2018). Implementasi Algoritma C5.0 pada Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 17(3), 371. https://doi.org/10.24843/mite.2018.v17i03.p11
Paul V.M.;, Indra, G. M., Damanik;, B. E., Parlina;, I., & Saputra;, W. (2021). DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENERIMAAN BANTUAN BEDAH RUMAH PADA DESA TIGA DOLOK Paul V . M ., Indra Gunawan , Bahrudi Efendi Damanik , Iin Parlina dan Widodo Saputra STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar Abstrak Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4. 1, 396–409.
Putri, T. U., Izman, M. H., & Dian, S. (2014). Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Menggunakan Metode Clustering. Universitas Bina Darma, I(Strategi penjualan), 1–10.
Rismayanti, R. (2017). Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di Stt Harapan Medan. Jurnal Media Infotama, 12(2), 116–120. https://doi.org/10.37676/jmi.v12i2.413
Rofiqo, N., Windarto, A. P., & Irawan, E. (2019). Penerapan Algoritma C4.5 pada Penentuan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Matakuliah. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 307. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.36
Sadewo, M. G., Windarto, A. P., Damanik, I. S., & Hartama, D. (2018). Penerapan C4.5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Ready Star, 1(1), 21–30.
Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.
Saputra, K. A., Hardinata, J. T., Lubis, M. R., & Andani, S. R. (2020). Klasifikasi Algoritma C4 . 5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online. 1(3), 113–118.
Saragih, D. A. R., Safii, M., & Suhendro, D. (2021). Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Informasi di Program Studi Sistem Informasi. Journal of Information System Research (JOSH), 2(2), 173–177.
Sitorus, D. R., Windarto, A. P., Hartama, D., & Damanik, I. S. (2019). Penerapan Klasifikasi C4.5 Dalam Meningkatkan Sistem Pembelajaran Mahasiswa. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 593–597. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1665
Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4214
Refbacks
- There are currently no refbacks.