Klasifikasi Datan Mining Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan siswa terhadap media pembelajaran online di SMA NEGERI 5 Pematangsiantar . Media internet memiliki peranan penting untuk belajar bagi kalangan siswa. Populasi ini menerapkan Algoritma C4.5 dalam penerapan tingkat kepuasan siswa terhadap media pembelajaran online. Jenis penelitian yaitu klasifikasi dengan konsep data mining dengan melibatkan sebanyak 100 data siwa di SMA NEGERI 5 Pematangsiantar yang dikategorikan dengan : Puas dan Tidak Puas. Dalam pengambilan data menggunakan kuesioner dan variable yang digunakan dalam penelitian ini ada empat yaitu minat belajar, cara belajar, sajian pembelajaran, media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode klaifikasi. Klasifikasi adalah proses penemuan kumpulan pola atau fungsi-fungsi yang mendeskripsikan data yang belum memiliki kelas data tertentu. Pengujian yang dilakukan dengan software Rapidminer dengan menggunakan apply model dan % performance nilai accuracy 86.67%
Full Text:
Diterima: Revisi MinorReferences
Dharshinni, N. P., Aisyah Hikmasari Sitepu, Rezza Youan Syuhada, Damanik Barasa, and Andy Christanto Wijaya. 2021. “Moodle Web-Based Learning Constraints toward Student Learning Interest Using C4.5 Algorithm during Covid-19 Pandemic.” Jite 5(1):132–41.
Fatmawati. 2016. “Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Model C4 . 5 Dan Naive Bayes Untuk Prediksi Penyakit Diabetes.” Jurnal Techno Nusa Mandiri 1:50–59.
Lutfiyana, N. 2018. “Penerapan Algoritma C4.5 Berbasis Particle Swarm Optimization Untuk Prediksi Hasil Layanan Kemudahan Donasi Zakat Dan Program.” Jurnal PILAR Nusa Mandiri 2:103–10.
Munadi, Yudhi. 2017. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Refrensi.
Muzakir, A., and R. Wulandari. 2016. “Model Data Mining Sebagai Prediksi Penyakit Hipertensi Kehamilan Dengan Teknik Decision Tree.” Scientific Journal of Informatics 3:19–26.
Nasution, S., F. Windari, S. Harahap, and E. Elvina. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada BidangStudi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 8:67–75.
Nofriansyah, Dicky. 2018. Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.
Nurul, Arifa Fieka. 2020. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.” Jurnal Pusat Penelitian 21:1–13.
Rufiyanto, Anief, Muhammad Rochcham, and Abdul Rohman. 2021. Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kepuasan Mahasiswa. Yogyakarta: Deepublish.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 1:1–13.
Sanaky, Hujair. 2018. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Santosa, Budi, and Ardian Umam. 2018. Data Mining Dan Big Data Analytics: Teori Dan Implementasi Menggunakan Python & Apache Spark. Yogyakarta: Media Pustaka.
Saputra, Kiki, Jaya Hardinata, Muhammad Lubis, Sundari Andani, and Ilham Saragih. 2020. “Klasifikasi Algoritma C4.5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online.” Media Online) 1(3):113–18.
Sari, A. 2018. “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.” Universitas Pancasakti Tegal 1:1–13.
Sukamto, Rosa, and M. Salahudin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembeljaaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutabri, Tata. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Suyanto. 2017. Data Mining Untuk Klasifikasi Dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.