Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Klasifikasi Produk Terlaris Pada Penjualan Smartphone Menggunakan Metode Naive Bayes
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemajuan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat dan semakin murah sehingga membuat masyarakat untuk sebuah smartphone menjadi kebutuhan yang wajib pada masa kini. Dari bermacam produk yang ada pada toko Siantar Store. Dari smartphone Samsung, iPHONE, Vivo, hingga Oppo, peneliti mengklasifikasi menjadi Laris dan Tidak Laris. Tujuannya dapat mengetahui penerapan data mining dengan menggunakan algoritma Naive Bayes dalam menentukan klasifikasi produk terlaris dan hasil akurasi data terhadap stok penjualan smartphone. Dengan mengumpulkan data sebanyak 568 data menjadi 240 data training dan 140 data testing. Data mining merupakan bentuk penggalian data dalam mengklasifikasi pada sebuah data yang jumlahnya banyak, menggunakan tool RapidMiner dan algoritma Naive Bayes merupakan metode klasifikasi yang banyak digunakan karena sederhana dan akurasi yang tinggi dalam mengklasifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, jenis produk terlaris pada penjualan pulsa menurut nama produk adalah smartphone Samsung. Tingkat akurasi klasifikasi dengan metode Naive Bayes menghasilkan nilai Accuracy sebesar 97,50%, nilai Precision 100%, dan nilai Recall 93,48% sehingga metode Naive Bayes merupakan metode yang cukup baik dalam penelitian ini.
Full Text:
Diterima: Revisi MayorReferences
Donny Maulana, E. L. (olume 10 Nomor 1 September 2019 ). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Beaty Produk Pada Online Shop Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes. SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 32-39.
Hayuningtyas, R. Y. (2019). Penerapan Algoritma Naïve Bayes untuk Rekomendasi Pakaian Wanita. JURNAL INFORMATIKA, Vol. 6 No. 1 April 2019.
Heryono*1, A. K. (2018). Implementasi Metode Naive Bayes Untuk KlasifikasiKredit Motor. Journal of Information System, Mei 2018, 1-12.
Nurhadi Surojudin1), E. (2019). PENERAPAN DATA MINING UNTUK PEMINATAN RASA ROTI BAKAR DI CV. SARIRAOSMENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Volume 10 Nomor 1 September 2019 ISSN : 2407-3903.
Odi Nurdiawan*1, N. S. (2018). Penerapan Data Mining Pada Penjualan Barang Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Optimasi Strategi Pemasaran. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subng, April 2018.
Sri Wahyuni, 2. S.-A. (2017). IMPLEMENTASI RAPIDMINERDALAM MENGANALISA DATA MAHASISWA DROP OUT. Vol. 10 No2 Desember 2017.
Trinanda Syahputra1, J. H. (2018). Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pilihan Jurusan Bidang Studi SMA Menggunakan Metode Clustering Dengan Teknik Single Linkage. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), IV, 205.
Refbacks
- There are currently no refbacks.