Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Klasifikasi Produk Terlaris Pada Penjualan Smartphone Menggunakan Metode Naive Bayes

Rival Fauzi

Abstract


Penelitian  ini  di  latar  belakangi  oleh  kemajuan  perkembangan  teknologi  komunikasi  dan  informasi  yang sangat  pesat  dan  semakin  murah  sehingga  membuat  masyarakat  untuk  sebuah smartphone  menjadi  kebutuhan yang wajib pada masa kini. Dari bermacam produk yang ada pada toko  Siantar Store. Dari smartphone Samsung, iPHONE, Vivo, hingga Oppo,  peneliti mengklasifikasi  menjadi  Laris  dan  Tidak  Laris.  Tujuannya  dapat mengetahui  penerapan  data  mining  dengan  menggunakan  algoritma  Naive  Bayes  dalam  menentukan  klasifikasi produk  terlaris  dan  hasil  akurasi  data  terhadap  stok  penjualan  smartphone.  Dengan  mengumpulkan  data  sebanyak  568 data  menjadi  240  data  training  dan  140  data  testing.  Data  mining  merupakan  bentuk  penggalian  data  dalam mengklasifikasi  pada  sebuah  data  yang jumlahnya  banyak,  menggunakan  tool  RapidMiner  dan  algoritma  Naive Bayes  merupakan  metode  klasifikasi  yang  banyak  digunakan  karena  sederhana  dan  akurasi  yang  tinggi  dalam mengklasifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, jenis produk terlaris pada penjualan pulsa menurut   nama   produk   adalah   smartphone Samsung.  Tingkat   akurasi   klasifikasi   dengan   metode  Naive   Bayes menghasilkan  nilai  Accuracy  sebesar  97,50%,  nilai  Precision  100%,  dan  nilai  Recall  93,48%  sehingga  metode Naive Bayes merupakan metode yang cukup baik dalam penelitian ini.


References


Donny Maulana, E. L. (olume 10 Nomor 1 September 2019 ). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Beaty Produk Pada Online Shop Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes. SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 32-39.

Hayuningtyas, R. Y. (2019). Penerapan Algoritma Naïve Bayes untuk Rekomendasi Pakaian Wanita. JURNAL INFORMATIKA, Vol. 6 No. 1 April 2019.

Heryono*1, A. K. (2018). Implementasi Metode Naive Bayes Untuk KlasifikasiKredit Motor. Journal of Information System, Mei 2018, 1-12.

Nurhadi Surojudin1), E. (2019). PENERAPAN DATA MINING UNTUK PEMINATAN RASA ROTI BAKAR DI CV. SARIRAOSMENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Volume 10 Nomor 1 September 2019 ISSN : 2407-3903.

Odi Nurdiawan*1, N. S. (2018). Penerapan Data Mining Pada Penjualan Barang Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Optimasi Strategi Pemasaran. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subng, April 2018.

Sri Wahyuni, 2. S.-A. (2017). IMPLEMENTASI RAPIDMINERDALAM MENGANALISA DATA MAHASISWA DROP OUT. Vol. 10 No2 Desember 2017.

Trinanda Syahputra1, J. H. (2018). Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pilihan Jurusan Bidang Studi SMA Menggunakan Metode Clustering Dengan Teknik Single Linkage. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), IV, 205.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0