Penerpapan Data Mining Untuk Menganalisa Kecendrungan Konsumen Dalam Membeli Barang Menggunakan Algoritma Apriori

Arya Ramadhan

Abstract


UD. Indra cipta merupakan toko  yang  menjual  segala  kebutuhan  masyarakat  baik  makanan, minuman, sarana prasarana, dari berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Mengingat perkembangan  peran dan posisi data di era digital saat ini menjadi sangat penting, data dapat diibaratkan sebuah sumber daya yang dapat digali lebih lanjut untuk menghasilkan informasi atau pengetahuan baru. Data  tersebut  hanya  menjadi record harian  yang  menjadi  arsip semata, belum ada penggalian informasi yang dilakukan. Sejauh  ini pembukuan dilakukan secara manual dan menggunakan nota, penggunaan nota juga baru dibuat jika transaksi yang dilakukan sebanyak 3 barang atau lebih. Maka perlu dibuat sebuah sistem menggunakan data mining metode apriori untuk mengetahui pola konsumen dalam hal membeli barang. Dimana hal ini dapat berguna bagi pemilik perusahaan untuk melihat strategi promosi dan membuat stock barang sesuai kebutuhan pasar. Karena  disadari  atau  tidak,  selera  konsumen  dalam  berbelanja  sebenarnya  dapat dicermati dalam bentuk pengamatan data transaksi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecendrungan konsumen dalam membeli barang dan  mengkombinasikan barang  yang sering dibeli dan dapat  menentukan  strategi promosi yang tepat untuk perusahaan.

 


References


Anggraini, D., Putri, S. A., & Utami, L. A. (2020). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(2), 302. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.1496

Astuti, I. P. (2019). Algoritma Apriori Untuk Menemukan Hubungan Antara Jurusan Sekolah Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 69–78. https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.10525

Basuki, K. (2019). 済無No Title No Title. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

C.Pradeepkumar, & S.Loganathan. (2015). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). International Journal of Science and Engineering Research (IJ0SER), 3(4), 2. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619

Difra Gunawan, A., & Nataliani, Y. (2021). Implementasi Algoritma Apriori pada Penjualan Alat Teknik Pertanian. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3), 392–402. http://journal-isi.org/index.php/isi

Fathimah, A. I., Arianti, N. D., Mupaat, & Junfithrana, A. P. (2021). Penerapan Data Mining Dengan Metode Apriori Pada Penjualan Sembako. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 8(1), 20–26. https://rekayasa.nusaputra.ac.id/article/view/105

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107–116. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Lestari, A. F., & Hafiz, M. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 5(1), 96. https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1317

Marbun, M., & Sinaga, B. (2018). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan (N. Siahaan & T. F. Manurung (eds.)).

Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). How China sees America. In Foreign Affairs (Vol. 91, Issue 5, pp. 107–116). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Qomariah, S., Ekawati, H., & Belareq, S. (2020). Implementasi Metode Data Mining Apriori Pada Aplikasi Penjualan Pt. Tiga Raksa Satria. Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, 17(1), 329–338. https://doi.org/10.33751/komputasi.v17i1.1747

Rahmat C.T.I., B., Agidtama Gafar, A., Fajriani, N., Ramdani, U., Rihin Uyun, F., Purnamasari P., Y., & Ransi, N. (2017). Implemetasi k-means clustering pada rapidminer untuk analisis daerah rawan kecelakaan. Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017, April, 58–60.

Resources, N., iisd (International Institute for Sustainable Development, Report, F., Wicke, B., Sikkema, R., Dornburg, V., Faaij, A., Creech, H., Jabatan Penerangan Malaysia, Ministry of Economic Affairs, Saadatian, O., Ba, A. F., Nadeson, T., Barton, M., Greenwald, P., UNCED, Monjelat, N., Carretero, M., عباس, • التميميّ، عبد الفتاح شراد خضير, … Joy, M. K. (2018). No Titleدراسة بيئية وبكتيرية لمياه نهري دجلة وديالى جنوبي بغداد. Director, 15(40), 6–13.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), Vol 4, No.(September), 1–4.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871

Sunarti, S., Handayanna, F., & Irfiani, E. (2021). Analisa Pola Penjualan Makanan Dengan Penerapan Algoritma Apriori. Techno.Com, 20(4), 478–488. https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.4715

Syahdan, S. Al, & Sindar, A. (2018). Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota. Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota, 1.

Verawati, & Liksha, P. D. (2018). Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

LPPM STIKOM Tunas Bangsa
https://tunasbangsa.ac.id/lp2m/
Organized by STIKOM Tunas Bangsa
Published by LPPM STIKOM Tunas Bangsa
W: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0